Touchpad Laptop

Meskipun Anda mungkin telah menggunakan keyboard jenis tertentu atau mouse tradisional yang terpasang ke komputer desktop, perangkat penunjuk laptop, yang disebut touchpad, mungkin baru bagi Anda. Terus terang, touchpad laptop, yang pada dasarnya adalah mouse internal laptop, membutuhkan sedikit waktu untuk membiasakan diri.

Touchpad Laptop touchpad laptop - touchpad laptop - Touchpad Laptop

Mouse laptop memiliki dua jenis: touchpad dan pointing stick, sejauh ini merupakan jenis yang paling umum, adalah daerah datar, terletak di bawah keyboard. Sebuah tongkat menunjuk sebuah tombol kecil yang terletak di antara tombol komputer.

Saat menggerakkan jari di atas permukaan touchpad atau meletakkan jari pada tongkat penunjuk dan menggerakkan tongkat sedikit ke segala arah, penunjuk mouse yang sesuai akan bergerak di sekitar layar komputer. 

Dengan touchpad, yang kemungkinan besar Anda miliki di laptop, Anda melakukan tindakan klik untuk membuka atau memilih sesuatu di layar dengan menggunakan tombol kanan dan kiri di bagian bawah touchpad.

Tombol kiri pada touchpad digunakan untuk tindakan klik kiri dan tombol kanan untuk tindakan klik kanan. Mengklik kiri membuka atau memilih item, sedangkan mengklik kanan membuka menu pintasan tempat Anda dapat memilih perintah untuk melakukan tindakan.

Berikut adalah fungsi utama touchpad dan cara mengontrolnya:

1. Klik kiri

Saat orang mengatakan “klik“, yang mereka maksud adalah “tekan dan lepaskan tombol kiri mouse“. Mengklik memiliki berbagai kegunaan. Anda dapat mengklik saat berada di dokumen untuk memindahkan titik penyisipan, garis kecil yang menunjukkan di mana tindakan selanjutnya akan dilakukan.

Misalnya, Anda mungkin mengklik di depan kata yang sudah Anda ketikkan, lalu mengetik kata lain untuk muncul di depannya dalam sebuah surat. Mengklik juga digunakan di berbagai jendela untuk memilih kotak centang atau tombol radio (juga disebut tombol opsi) untuk mengaktifkan atau menonaktifkan fitur, atau untuk memilih objek seperti gambar atau tabel di dokumen. 

Touchpad Laptop touchpad laptop - touchpad - Touchpad Laptop

Anda juga dapat mengklik dua kali untuk membuka objek untuk diedit atau untuk memilih seluruh kata dengan cepat.

2. Klik kanan

Jika Anda mengklik tombol touchpad kanan, Windows menampilkan menu pintasan yang khusus untuk item yang Anda klik. Misalnya, jika mengklik kanan gambar, menu yang muncul memberi Anda opsi untuk bekerja dengan gambar. Jika Anda mengklik kanan desktop Windows, menu yang muncul memungkinkan untuk memilih perintah yang menampilkan tampilan berbeda atau mengubah properti desktop.

3. Klik dan menyeret

Untuk mengklik dan menyeret, Anda menekan dan terus menahan tombol kiri mouse dan kemudian memindahkan (menyeret) mouse ke lokasi lain. Misalnya, Anda dapat menekan tombol touchpad kiri (menahannya) dan menyeret jari pada touchpad ke atas, bawah, kanan, atau kiri untuk menyorot konten dokumen.

Teks yang disorot ini dipilih, artinya setiap tindakan yang Anda lakukan, seperti menekan tombol Hapus pada keyboard atau mengklik tombol untuk pemformatan Tebal, dilakukan pada teks yang dipilih.

4. Menggulir

Banyak model touchpad laptop dan mouse nirkabel memiliki cara untuk menggulir dokumen atau situs Web di layar. Cukup putar roda pada mouse ke bawah untuk berpindah melalui halaman ke depan atau gulir ke atas untuk mundur ke belakang dalam dokumen. Dengan touchpad, sering kali ada area yang ditandai di kanan atau kiri tempat Anda dapat menggerakkan jari ke atas atau ke bawah untuk menggulir dokumen.

Jika Anda terbiasa dengan mouse komputer desktop dan tidak dapat memahami mouse internal pada laptop, pertimbangkan untuk membeli mouse nirkabel portabel. Dengan mencolokkan pemancar kecil ke port USB di laptop, Anda dapat menggunakan mouse yang lebih standar ini untuk mengarahkan, mengeklik, dan menyeret, seperti yang Anda lakukan dengan komputer desktop.