- Nota Kesepahaman dengan PN dan Pemkab Bantaeng One Day Service 660x170 - Nota Kesepahaman dengan PN dan Pemkab Bantaeng, One Day Service

Nota Kesepahaman dengan PN dan Pemkab Bantaeng, One Day Service

Pemerintah Kabupaten Bantaeng telah menandatangani kerja sama layanan satu hari dengan Pengadilan Negeri (PN) Bantaeng dalam pengajuan dan penerbitan dokumen kependudukan di Kantor Pengadilan Negeri Bantaeng, Provinsi Bantaeng. Kamis (28/7/22).

Ketua PN Banting, Demi Hardiantoro SH, MH pada kesempatan itu memberikan pelayanan satu hari terkait PN, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Bantaeng.

“Jadi awalnya ketika masyarakat membutuhkan pelayanan, misalnya ganti nama, modifikasi dokumen lain atau ada kesalahan penulisan nama, butuh waktu lama,” ujarnya.

“Mereka harus ke Disdukcapil dulu lalu menjelaskan bahwa mereka masih membutuhkan proses persidangan, dan hasil akhirnya adalah putusan pengadilan demi pengadilan untuk permintaan perubahan nama dan lain-lain. Itu sistem lama yang akan kami perpendek dalam satu hari,” dia menambahkan.

Pemohon selanjutnya akan ditempatkan di Pusat Layanan Umum (MPP) yang langsung memberikan pelayanan yang diberikan oleh Disdukcapil dan selanjutnya diarahkan ke PN. Prosesnya akan dibantu sampai persidangan berlangsung secara online, dan di hari yang sama produk akan langsung keluar dari pengadilan dalam bentuk putusan pengadilan.

- 1659071763 280 Nota Kesepahaman dengan PN dan Pemkab Bantaeng One Day Service - Nota Kesepahaman dengan PN dan Pemkab Bantaeng, One Day Service

“Komitmen yang kami buat dengan produk Disdukcapil muncul kembali dalam satu hari dari produk Disdukcapil. Sehingga nantinya masyarakat yang membutuhkan pelayanan dari Pengadilan Negeri dan Disdukcapil bisa datang dan memberikan pelayanan hanya dalam satu hari. Kami akan membuka layanan di MPP pada hari biasa. Senin s/d Jumat. Untuk jam pelayanan kami atur dari jam 8 sampai jam 10 pagi, agar cepat selesai.”

Sementara itu, Wali Bantaeng yang menjadi inspirasi Wisatawan Aziken mengatakan, saat ini Pemkab Bantaeng dan Pengadilan Negeri Bantaeng telah melakukan upaya percepatan pelayanan kepada masyarakat Bantaeng. Kerjasama ini merupakan bentuk kerjasama tim dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat.

Baca Juga  Erna Rashid Tovan Ikut Upacara Pelantikan Presiden Dikranasda Provinsi Kalimantan Tengah dan Sulawesi Selatan

“Hari ini kami melakukan upaya percepatan pelayanan yang merupakan bentuk komitmen kerjasama tim. Seluruh unit pengabdian masyarakat saat ini dituntut untuk melakukan upaya percepatan inovasi, kepastian, dan kemudahan dalam memberikan produk layanan kepada masyarakat. Kami bersyukur dan merasa terhormat hari ini bahwa PN Banting sudah responsif dan adaptif dalam inovasi pelayanan kepada masyarakat,” ujar Bupati.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.