3 Ruang Rahasia di Piramida Mesir, Ada yang Sebesar Pesawat : Okezone techno

Posted on

JAKARTApiramida adalah simbol Mesir paling ikonik sepanjang sejarah. Struktur batu dengan desain bertumpuk ini menjadi salah satu daya tarik utama di negeri “Negeri Para Nabi” itu.

Padahal, meski sudah berdiri ratusan tahun, masih ada fakta menarik yang baru ditemukan para arkeolog tentang bangunan khas ini.

Diolah dari kanal YouTube iNews Variety Show, Kamis (12/1/2022), berikut tiga ruang rahasia di piramida Mesir:

1. Ruang rahasia seukuran pesawat terbang di Piramida Giza

Para arkeolog baru-baru ini menemukan ruang rahasia seukuran pesawat terbang di piramida Giza. Bangunan di dekat kota Kairo ini menyimpan banyak misteri yang belum terpecahkan sejak 4.500 tahun yang lalu.

Penemuan luar angkasa yang luar biasa. berasal dari tiga ruangan yang ditemukan oleh para arkeolog. Tiga ruangan tersebut, yaitu ruang galeri, kamar raja, dan kamar ratu.

Namun, saat memetakan ketiga ruangan tersebut, tim arkeolog menemukan rongga besar di atas ruang galeri, yang menghubungkan kamar raja dan ratu. Ruang kosong tersebut memiliki panjang lebih dari 40 meter dan tinggi 8,6 meter.

Sejauh ini, para peneliti masih mengumpulkan data pemanfaatan ruang besar di dalam piramid setinggi 146,6 meter ini.

Sebagai informasi, Piramida Giza dulunya disebut-sebut sebagai makam terbesar di dunia, dimana di dalam piramida ini dimakamkan Firaun yang merupakan raja Mesir yang hidup pada zaman Nabi Musa AS.

2. Ruang rahasia Sphinx dikatakan sebagai tempat penyimpanan harta karun

Ruang rahasia itu juga ditemukan saat para arkeolog sedang memeriksa Piramida Sphinx. Sejarawan percaya bahwa piramida berbentuk kepala manusia dan berbadan singa ini dibangun sekitar 2.500 SM. dibangun.

Sebelumnya, para peneliti telah menemukan terowongan yang menghubungkan beberapa gua besar. Penelitian yang terus dilakukan juga mengantarkan para arkeolog ini ke dua ruangan yang masih diduga sebagai perbendaharaan raja.

Namun, para peneliti mengatakan penelitian lebih lanjut diperlukan untuk mengeksplorasi dan mencari tahu apa ruangan di bawah Sphinx ini, mengapa dibuat dan apa yang ada di dalamnya.

3. Ruang penyimpanan seni rahasia di Bent Pyramid

Piramida Bent terletak di kota Dahshur, 40 kilometer dari kota Kairo. Berbeda dengan piramida Mesir lainnya, Bent adalah satu-satunya piramida yang masih memiliki permukaan batu kapur asli yang dipoles.

Piramida Bent diyakini sebagai piramida Mesir pertama yang dibangun pada masa pemerintahan Firaun Sneferu pada 3.700 SM. telah dibangun.

Penelitian oleh arkeolog Mesir menemukan tangga menuju ruang tengah piramida, dan luar biasa, tangga dan ukiran di dinding samping masih dalam kondisi sangat baik.

Beberapa peneliti mengatakan bahwa ruangan itu digunakan sebagai ruang penyimpanan benda-benda seni, karena sebelumnya juga ditemukan 6 patung Sneferu.

Inilah tiga ruang rahasia di beberapa piramida Mesir yang masih dipelajari oleh para arkeolog.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *