30 Ribu Asteroid Ditemukan, 1.425 di Antaranya Berpotensi Tabrak Bumi : Okezone techno

Posted on

JAKARTA – Badan Antariksa Eropa (ESA) menemukan lebih dari 30.000 asteroid dekat Bumi. Tak kurang dari 1.425 di antaranya berpotensi menghantam planet ini.

“Kabar baiknya adalah bahwa lebih dari setengah asteroid dekat Bumi yang diketahui saat ini telah ditemukan dalam enam tahun terakhir, menunjukkan seberapa banyak pandangan kita tentang asteroid telah meningkat,” kata Richard Moissl, Kepala Pertahanan Planet di ESA.

Ribuan asteroid ini telah terlihat berkat teleskop canggih terbaru ESA, menurut Daily Mail, Selasa (18/10/2022). Dari 30.039 asteroid yang ditemukan, diperkirakan sekitar 10.000 ditemukan dengan diameter lebih dari 140 meter.

ESA juga menyebutkan ada 1.000 asteroid yang berdiameter lebih dari 1 kilometer. Kebanyakan dari mereka berada di sabuk asteroid, wilayah annular tata surya yang terletak kira-kira di antara orbit Jupiter dan Mars.

Saat ini, asteroid membentuk sekitar sepertiga dari sekitar satu juta asteroid yang ditemukan di tata surya hingga saat ini. Asteroid dekat Bumi pertama yang ditemukan disebut 433 Eros.

Asteroid ini pertama kali diketahui pada 13 Agustus 1898 oleh astronom Jerman Carl Gustav Witt di Observatorium Berlin dengan bentuk aneh, susunan memanjang dan berbatu.

Orbit 433 Eros menempatkannya pada jarak sekitar 13,5 juta mil dari Bumi, atau 57 kali lebih jauh dari Bulan. 433 Eros bukan hanya yang pertama ditemukan, tetapi juga asteroid pertama yang diorbit dan dikunjungi oleh pesawat ruang angkasa.

Pesawat ruang angkasa, bernama NEAR Shoemaker, mempelajari Eros dari orbit dekat selama setahun sebelum mendarat di permukaannya pada Februari 2001.

(Amj)


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *