4 Astronaut Sukses Pulang ke Bumi Nebeng Kapsul SpaceX

Posted on

jakarta

Empat astronaut sukses kembali ke bumi dengan kapsul SpaceX kru naga. Mereka mendarat di Bumi setelah menyelesaikan misi hampir enam bulan di Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS).

Kapsul ini meninggalkan ISS dan terlempar ke laut kemarin, 15 Oktober 2022, tidak jauh dari Jacksonville, Florida. Pesawat itu membawa tiga orang Amerika, astronot NASA Kjell Lindgren, Bob Hines dan Jessica Watkins – wanita kulit hitam pertama yang menyelesaikan penerbangan luar angkasa yang panjang – dan seorang Italia, Samantha Cristoforetti dari European Space Agency.

Perjalanan pulang mereka dari orbit cukup sulit mengingat mereka harus menembus atmosfer bumi. Perjalanan mereka menghasilkan gesekan panas yang menaikkan suhu di luar kapsul hingga 1.930 derajat Celcius.

Empat astronot telah berhasil kembali ke Bumi dalam kapsul SpaceX Dragon Crew.  Mereka mendarat di Bumi setelah menyelesaikan misi enam bulan di ISS.Empat astronot telah berhasil kembali ke Bumi dalam kapsul SpaceX Dragon Crew. Mereka mendarat di Bumi setelah menyelesaikan misi enam bulan di ISS. Foto: Bill Ingall/NASA/dpa/Picture Alliance

Dalam waktu kurang dari satu jam, tim penyelamat berhasil mengangkat Crew Dragon yang terbakar ke kapal penyelamat. Mereka kemudian membuka palka samping kapsul dan membantu keempat astronot keluar. Setiap astronot yang kembali ke Bumi kemudian menjalani pemeriksaan medis rutin di pesawat sebelum diterbangkan kembali ke Florida dengan helikopter.

Diketahui sejauh ini astronaut dijuluki “Crew-4” adalah kru astronaut Awak penuh waktu keempat yang dibawa ke ISS oleh SpaceX sejak perusahaan roket swasta yang didirikan Elon Musk mulai menerbangkan personel NASA pada Mei 2020. Seperti kebanyakan anggota kru ISS, peran utama mereka berbasis sains dan melibatkan banyak eksperimen.

Seminggu sebelum keberangkatan Crew-4, kru cadangannya, Crew-5, telah tiba di stasiun ISS. Mereka adalah seorang kosmonot Rusia, seorang astronot Jepang dan dua anggota awak NASA. Kru-5 tetap berada di ISS bersama dengan dua orang Rusia lainnya dan seorang Amerika yang terbang ke ISS September lalu. Jadi mulai DW, Selasa (18/10/2022).

Tonton video”Astronot Moment 4 SpaceX telah berhasil mendarat di Bumi
[Gambas:Video 20detik]

(tanya / fay)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *