7 Fakta Banjir di Tangerang Berbuntut Panjang

Posted on
Tangerang

Kabupaten Tangerang masih dilanda banjir. Banjir tersebut dinamakan Gelam karena aliran sungai Cirarab dan Situ. Ribuan orang di empat kabupaten terkena dampaknya.

Salah satu kondisi banjir yang parah terjadi di Villa Tomang Baru. Akibat jebolnya bendungan sejak Sabtu (12/11), rumah warga terendam banjir dan sebagian mengungsi.

Berikut fakta banjir di Kabupaten Tangerang:

1) 4.751 keluarga terdampak

BPBD Kabupaten Tangerang merilis data korban banjir pada Senin (14/11/2022). Tercatat sebanyak 4.751 keluarga terkena dampaknya.

“Ada 4.751 (rumah tangga terdampak) kurma,” kata Kepala BPBD Kabupaten Tangerang Ujat Sudrajat saat dihubungi, Senin (14/11/2022).

Pada Senin siang (14/11), Ujat mengatakan, 350 orang telah dievakuasi. BPBD Kabupaten Tangerang juga memberikan bantuan sembako kepada para pengungsi.

“Warga yang masih mengungsi di RW 8, 17, dan 20 kurang lebih 350 orang. Tempat pengungsian, masjid, balai desa dan posyandu,” kata Ujat.

Ia mengatakan, banjir sudah berangsur surut di beberapa tempat. Namun, di beberapa tempat masih terjadi banjir dengan ketinggian hingga 1 meter.

“Ya, banjir sudah surut. Paling tinggi (banjir) orang dewasa di RW 17 dan 20 yang paling dekat dengan Situ Gelam,” ujarnya.

2) Banjir di 4 kecamatan

Berdasarkan data BPBD Kabupaten Tangerang, empat kecamatan di Kabupaten Tangerang terendam banjir Senin (14/11) pukul 00.30 WIB. Kecamatan yang terkena banjir adalah Kecamatan Curug, Kecamatan Pasar Kemis, Kecamatan Kelapa Dua dan Kecamatan Sepatan.

Ada lima titik yang menjadi lokasi pasang surut. Titik-titik tersebut adalah Desa Binong, Kecamatan Curug; Kompleks Perumahan Permata Tangerang, Kecamatan Pasar Kemis; Perumahan Villa Tomang Baru, Kecamatan Pasar Kemis; Desa Bencongan Indah, Kecamatan Kelapa Dua; Perumahan Tangerang Prima, Kecamatan Sepatan, Kabupaten Tangerang.

3) Bendungan di Villa Tomang Baru jebol

Banjir di Villa Tomang Baru disebabkan tanggul jebol sejak Sabtu (11/12). Pada Senin (14/11/2022) pukul 10.10 WIB, air banjir masih menggenangi pemukiman warga. Ketinggian air di lokasi sekitar 60 sentimeter.

Di area RW 15 Villa Tomang Baru, Pasar Kemis. Sejumlah warga masih tinggal di rumah masing-masing dan tidak mengungsi.

Beberapa warga terlihat menjemur pakaian yang sempat terendam banjir. Ada juga warga sekitar yang mulai membersihkan rumahnya dari sisa lumpur yang tergenang.

Baca selengkapnya di halaman berikutnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *