Ahli Forensik Jelaskan Alasan Otak Yosua Dipindah ke Perut Usai Autopsi

Posted on
jakarta

Kabar bahwa otak Briptu N Yosua Hutabarat telah ditransplantasikan ke perutnya sempat menuai protes publik. Hal itu juga dikemukakan oleh Farah Primadani Karouw, ahli forensik dan forensik dari Pusdokkes Polri.

Farah ditunjuk sebagai saksi untuk terdakwa Ferdy Sambo, Eliezer, Putri Candrawathi, Ricky Rizal dan Kuat Ma’ruf dalam sidang lanjutan kasus pembunuhan Briptu Yosua di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Senin (19/12/2020). Farah diketahui merupakan dokter yang bekerja di Instalasi Kedokteran Forensik Pusat Kesehatan Polri dan melakukan otopsi pertama terhadap jenazah Yosua pada 8 Juli 2022.

Pertama, kuasa hukum pengemudi keluarga Ferdy Sambo, Kuat Ma’ruf, meminta Farah menjelaskan pemindahan otak Yosua. Farah mengatakan pihaknya memeriksa semua organ dan mengembalikannya ke tempat semula setelah otopsi selesai.

“Agar masalah otak tidak diketahui publik, apakah memang ada transmisi setelah otopsi ibunya?” tanya Jaksa Kuat.

“Jadi setelah otopsi, jadi otopsi, kita periksa semua organ, kita periksa semua organ, dan setelah selesai, dikembalikan,” jawab Farah.

Farah mengatakan, memindahkan otak ke perut adalah bagian dari proses pembalseman atau pembalseman pasca-otopsi. Untuk memaksimalkan pembalseman, otak direndam dalam formalin kemudian dimasukkan ke dalam rongga perut.

“Dulu, pemulangan ke dalam rongga tubuh dilakukan karena akan dilakukan proses tindakan pembalseman pasca otopsi untuk memaksimalkan pembalseman Kami merendamnya dengan formalin dan memasukkannya ke dalam rongga perut,” kata Farah.

Farah menjamin otopsi akan dilakukan dengan baik. Ia menegaskan tidak ada satu pun organ tubuh Joshua yang diambil atau dibiarkan di luar tubuh.

“Jadi apakah wajar melakukan pemindahan ke rongga perut sesuai SOP?” tanya Pengacara Kuat.

“SOP kami semua organ yang sudah diperiksa, organ yang ditransplantasikan, tidak ada satu organ pun yang diambil atau dibiarkan di dalam organ,” jawab Farah.

Tonton video Pakar Forensik Menjelaskan 7 Luka Tembak di Tubuh Joshua:

[Gambas:Video 20detik]

Baca selengkapnya di halaman berikutnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *