Alasan Godzilla Tumbuh 30 Kali Lebih Cepat dari Hewan Lain : Okezone techno

Posted on

JAKARTA – Ada alasan nomor Godzilla dapat tumbuh 30 kali lebih cepat dari hewan lain. Meski hanya tokoh fiksi dalam sebuah film, monster ini memiliki pertumbuhan yang fantastis jika keberadaannya nyata.

Sebuah studi oleh Nathaniel J. Domiy di majalah Science menyatakan bahwa pertumbuhan Godzilla adalah rekor evolusi.

Godzilla pertama kali muncul di layar kaca pada tahun 1954, tingginya hanya 50 meter. Setelah puluhan film dirilis tentang itu, monster itu kini memiliki ketinggian hampir 120 meter.

Analisis para peneliti mengungkapkan bahwa Godzilla telah berevolusi 30 kali lebih cepat daripada organisme lain di Bumi. Apa alasannya?

Menurut peneliti, pertumbuhan signifikan dari karakter fiksi Godzilla disebabkan oleh orang-orang yang mengalami ketakutan budaya atau budaya ketakutan kolektif.

Hal ini sebagaimana dihimpun dari Live Science, Senin (20/24/2022), membuat Godzilla tumbuh sebesar atlet yang menggunakan steroid lebih cepat.

“Kami percaya kecemasan budaya mungkin menjadi faktor pendorong di balik perubahan dalam film monster metaforis ini,” kata penulis utama Nathaniel J. Dominy.

Ada banyak teori ilmiah yang mencoba menjelaskan alasan lain kehebatan Godzilla. Salah satunya, Godzilla, adalah dinosaurus ceratosaurus yang hidup pada Zaman Jurassic (201 hingga 145 juta tahun lalu).

Dominy dan rekannya membantah hal ini. Menurut mereka, tingkat pertumbuhan Godzilla jauh melebihi dinosaurus. Mereka menambahkan bahwa Godzilla tumbuh terlalu cepat ketika keragaman genetik terbatas.

Para peneliti juga menjelaskan bahwa seleksi alam, yang memungkinkan organisme dengan gen yang lebih baik untuk bertahan hidup dan meneruskannya kepada keturunannya, tidak dapat menjelaskan pertumbuhan cepat Godzilla.

Oleh karena itu, peneliti mengajak kita untuk melihat sejarah Godzilla. Menurut para peneliti, Godzilla muncul sebagian dari ketakutan manusia akan penggunaan bom atom dan hidrogen pada 1940-an dan 1950-an.

Dalam cerita Godzilla, tes bom hidrogen yang menghancurkan ekosistem tempat dia tinggal di dasar laut membuatnya marah dan menghancurkan Tokyo.

Untuk menguji gagasan bahwa ketakutan mendorong pertumbuhan Godzilla, para peneliti memeriksa anggaran militer AS sebagai proxy untuk ketakutan bangsa secara keseluruhan.

Dari sana, para peneliti menemukan korelasi kuat antara ukuran anggaran dan tinggi Godzilla dari tahun 1954 hingga 2019.

Faktanya, korelasi ini tidak berarti bahwa Godzilla berkembang pesat. Dan mungkin saja ukuran itu disebabkan oleh faktor lain, seperti kesukaan orang terhadap monster besar dan menakutkan, yang membuatnya menjadi hit box-office.

Namun, jika ketakutan ternyata menjadi alasan pertumbuhan pesat Godzilla, maka tidak sulit untuk melihat alasan ketakutan itu.

Menurut Dominy dan rekannya, Ryan Calsbeek, ketakutan dapat disebabkan oleh ketidakstabilan geopolitik, ancaman teroris, atau ketakutan lainnya.

Para peneliti juga menambahkan bahwa perubahan iklim berkontribusi pada peningkatan ketakutan kolektif manusia.

“Godzilla adalah metafora yang berguna untuk semua jenis ancaman eksistensial yang kita hadapi secara kolektif, apakah itu bom nuklir atau perubahan iklim,” katanya.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *