Alasan Kenapa Badan Manusia Bisa Bau Menurut Sains : Okezone techno

Posted on

JAKARTA – Ada alasan mengapa tubuh Pria bisa mencium. Fakta ini terutama terlihat saat Anda berdesakan di angkutan umum atau seseorang sudah lama tidak mandi.

Pernahkah terlintas di benak Anda mengapa kita bisa mendapatkan bau badan dan bagaimana cara menghilangkannya? Diolah kanal YouTube Kok Bisa?, Selasa (29/11/2022), penyebab bau badan karena adanya bakteri.

Faktanya adalah keringat itu sendiri tidak berbau, itu dihasilkan oleh dua jenis kelenjar dalam tubuh kita, yang pertama adalah kelenjar ekrin yang didistribusikan ke seluruh tubuh. Tugas kelenjar ini adalah membuat larutan air dan garam yang fungsinya untuk mengatur suhu tubuh.

Kedua, namanya kelenjar apokrin, yang tugasnya menghasilkan larutan protein dan lemak di beberapa bagian tubuh. Tapi masalahnya ada 1.000 jenis bakteri di setiap jengkal kulit kita.

Larutan protein dan lemak tersebut dimakan oleh bakteri, kemudian berubah menjadi asam yang berbau dan kemudian mengendap di hidung kita. Atau untuk bakteri, permukaan kulit di dekat kelenjar apokrin seperti restoran dan toilet yang digulung jadi satu.

Bicara soal bau badan, ternyata sebagian dari kita memiliki supergen dan hampir tidak berbau. Misalnya, orang-orang di Asia Timur yang kebanyakan tidak memiliki bau badan, kekurangan gen ABCC11, yang fungsinya menghasilkan bau badan.

Jadi, setiap kali Anda melihat idola K-pop favorit Anda, Anda menyadari bahwa mereka tidak hanya cantik atau tampan, tetapi juga tidak berbau.

Diketahui bahwa faktor genetik membuat bau badan muncul seperti sidik jari, bau khas tersebut berbeda-beda pada setiap orang di muka bumi.

Apakah bau badan bisa dihilangkan? Sayangnya, kelenjar keringat kita aktif sepanjang hidup, sehingga bau badan tidak bisa dihilangkan.

Namun, tetap harus ada jalan keluar untuk menghilangkan bau badan sendiri, yaitu menyembunyikannya dengan deodoran, menggunakan parfum, rajin berganti pakaian, memilih makanan dengan bijak dan tentunya jangan lupa mandi.

(Amj)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *