Angka HIV/AIDS di Banten Naik, 2 Tahun Terakhir Tambah 300-an Kasus Baru

Posted on

Selanjutnya, Perhimpunan Dokter Spesialis Penyakit Dalam Indonesia (PAPDI) mengadakan kegiatan memperingati Hari HIV/AIDS Sedunia yang jatuh pada tanggal 1 April. Tema tahun ini adalah ‘Menyamakan’ atau ‘Kesetaraan’.

Ketua PAPDI Cabang Banten Dr. Edison YP Saragih, SpPD menyatakan sesuai dengan temanya, ODHA berhak atas kesetaraan dalam berbagai aspek, terutama dalam kehidupan sosialnya.

“Artinya ada kebutuhan pemerataan di berbagai bidang. Dimulai dengan kebijakan pemerintah terkait pencegahan dan pengobatan, tidak boleh ada perbedaan dalam kasus orang yang hidup dengan HIV/AIDS,” kata dr. Edison.

Jadi dalam peringatan itu berlangsung dengan cara tertentu luring Untuk pertama kalinya sejak pandemi COVID-19, banyak kegiatan yang ditawarkan yang juga melibatkan komunitas ODHA. Menurut CEO Equalize, Dr. Triyono SpPD, kegiatan tahunan ini terdiri dari re-engagement ODHA agar bisa bergaul seperti orang lain.

“Banyak sekali kegiatan positif yang dilaksanakan hari ini, mulai dari senam bersama, tinjauan medis bebas untuk acara bercakap-cakap dengan pemateri dan juga orang yang hidup dengan HIV/AIDS,” ujarnya.

Menurutnya, HIV/AIDS dapat dicegah dengan tidak melakukan hubungan seks bebas dan tidak menggunakan narkoba, terutama yang menggunakan jarum suntik. Dan ubah stigma ODHA dalam kehidupan sosial, jangan biarkan ODHA dikucilkan atau didiskriminasi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *