Astronot Berhasil Potret Gumpalan Biru yang Aneh Melayang di Atmosfer Bumi : Okezone techno

Posted on

JAKARTA – Seseorang astronaut di Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS) berhasil memotret fenomena misterius di sekitar atmosfer Bumi, seperti dua gumpalan cahaya biru. Apa itu sebenarnya?

Dilansir dari Space, Jumat (21/10/2022), gambar tersebut sebenarnya diambil tahun lalu oleh salah satu anggota Ekspedisi 66 saat ISS melintasi Laut China Selatan. Namun, foto itu tidak dirilis hingga 9 Oktober 2022 oleh Observatorium Bumi NASA.

Gumpalan cahaya pertama terlihat di Teluk Thailand, ternyata sambaran petir. Biasanya, sambaran petir sulit dilihat dari ISS karena tertutup awan.

Akibatnya, kilatan cahaya menerangi sekeliling dan menciptakan lingkaran cahaya biru yang mencolok.

Sekarang ada cahaya kedua yang tidak datang dari daratan. Cahaya, yang juga berwarna biru muda, berasal dari cahaya yang dibelokkan oleh bulan.

Orientasi Bulan terhadap ISS menyebabkan cahaya dari Matahari dipantulkan langsung melalui atmosfer Bumi.

Ini mengubahnya menjadi gumpalan biru muda dengan efek halo buram. Efek ini disebabkan oleh partikel kecil cahaya bulan yang dipancarkan ke atmosfer bumi.

Warna yang terbentuk ada hubungannya dengan perbedaan gelombang cahaya tampak.

Cahaya biru memiliki panjang gelombang terpendek untuk dihamburkan, menyebabkan bulan menjadi biru pada gambar. Efek yang sama juga menjelaskan alasan warna biru langit di siang hari.

Menurut NASA, ini karena gelombang cahaya biru di bawah sinar matahari menyebar dan menjadi lebih terlihat oleh mata manusia.

Foto tersebut juga menunjukkan jaringan lampu buatan dari Thailand dan lampu kecil lainnya. Mereka berasal dari polusi cahaya di Vietnam dan Pulau Hainan di wilayah paling selatan China, tetapi cahayanya tertutup oleh awan.

Menurut Earth Observatory, kedua foto ini diambil pada 30 Oktober 2021. Kru yang mengambil foto ini menggunakan kamera digital Nikon dengan panjang fokus 28mm.

Gambar itu juga menunjukkan lingkaran oranye yang sejajar dengan kelengkungan atmosfer Bumi, yang dijuluki “Earth’s Limb.”


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *