Awas, Stres pun Bisa Memicu Stroke

Posted on

TEMPO.CO, jakartaMenekankan Perpanjangan umur akan mempengaruhi cara kerja otak, membuat penderitanya lebih rentan terhadap gangguan mental seperti skizofrenia, gangguan bipolar, dan depresi. Tak hanya itu, psikiater di Rumah Sakit Umum Pusat Nasional (RSUPN) Cipto Mangunkusumo, dr. Gina Anindyajati, SpKJ, mengatakan stres berkepanjangan tidak hanya berdampak negatif bagi kesehatan mental, tetapi juga kesehatan fisik, sehingga mudah sakit.

“Orang yang mengalami stres berkepanjangan lebih mungkin untuk sakit, termasuk sakit fisik,” kata Gina.

Ia menjelaskan, saat tubuh stres, tubuh memproduksi hormon stres berlebih yang menyebabkan peradangan pada sel-sel tubuh. Selain itu, hormon stres juga menyebabkan kelelahan kronis. Kemudian metabolisme dan staminanya menurun.

risiko stroke
Salah satu kondisi mematikan yang bisa dialami orang dengan stres berkepanjangan adalah penyumbatan atau pecahnya pembuluh darah, yang meningkatkan risiko stroke.

“Ketika hormon stres dilepaskan, hormon ini bekerja di bagian tubuh tertentu, termasuk pembuluh darah. Ketika hormon stres bekerja di pembuluh darah, itu menyebabkan peradangan di pembuluh darah dan meningkatkan kerentanan terhadap penumpukan plak, ”jelas Gina. “Ketika lemak atau plak menumpuk di pembuluh darah, itu menyebabkan penyumbatan. Ini bisa terjadi ketika pembuluh darah tersumbat pukulan. Itu sebabnya orang yang stres lebih rentan terhadap rasa sakit fisik.”

Menurut Gina, stres sebenarnya sudah menjadi masalah besar di masa pandemi COVID-19. Ia mengatakan Perhimpunan Dokter Spesialis Jiwa (PDSKJI) telah mengumpulkan data mengenai hal ini Kesehatan mental melalui kuesioner pemantauan diri.

Dijelaskannya, dalam dua tahun terakhir, sebanyak 14.988 orang telah mengakses regulasi mandiri di situs resmi PDSKJI, 75,8 persen di antaranya adalah perempuan. Dari hasil pemeriksaan diri, 75 persen melaporkan memiliki masalah kesehatan mental mulai dari masalah kecemasan, depresi hingga keinginan untuk melukai diri sendiri atau bahkan bunuh diri.

Baca juga: Pose yoga bagus untuk menghilangkan stres sebelum tidur

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *