Bagnaia Juara Dunia, Ducati Borong Gelar di MotoGP 2022

Posted on
jakarta

Gelar Juara Dunia MotoGP 2022 yang direbut Francesco Bagnaia melengkapi gelar yang diraih Ducati musim ini. Mereka sebelumnya juga telah mengamankan gelar konstruktor, gelar juara tim, dan status rookie-of-the-year.

Bagnaia merebut gelar juara setelah finis di urutan kesembilan di MotoGP Valencia yang digelar di Sirkuit Ricardo Tormo, Minggu (6/11). Hasil itu membuatnya berakhir di klasemen akhir dengan koleksi 265 poin, unggul 17 poin dari Fabio Quartararo di tempat kedua.

Pembalap kelahiran Turin 25 tahun lalu itu menjadi pebalap pertama dalam 15 tahun yang menjadi juara dunia di atas motor Ducati. Dia juga orang Italia pertama sejak Valentino Rossi (2009) yang memenangkan kelas MotoGP.

Hasil ini menambah lekukan manis yang sebelumnya diraih Ducati. Gelar konstruktor musim ini sudah diamankan sejak September lalu, tepat setelah Enea Bastianini menjuarai balapan MotoGP Aragon.

Ducati menyelesaikan musim dengan 448 poin di Kejuaraan Konstruktor, secara konsisten finis di podium dalam 20 balapan, di mana 12 di antaranya dimenangkan. Mereka unggul 192 poin dari Yamaha yang berada di posisi kedua.

Pada klasifikasi tim, tim Ducati Lenovo sebagai kelompok kerja Ducati juga menempati posisi pertama dengan 454 poin, mengungguli tim karya KTM yang berada di urutan kedua dengan 337 poin. Aprilia berada di urutan ketiga dengan 334 poin.

Terakhir, gelar Rookie of the Year jatuh ke tangan Marco Bezzecchi, membela VR46 Racing dan dilengkapi dengan motor Ducati Desmosedici GP21. Dia selesai 14 di klasemen akhir dengan 111 poin dan telah memenangkan podium keduanya di MotoGP Belanda.

Pelajar Valentino Rossi itu mampu mengalahkan debutan lainnya seperti Fabio Di Giannantonio (Gresini Ducati), Raul Fernandez, Remy Gardner (Tech3 KTM) dan Darryn Binder (RNF Yamaha).

Daftar juara MotoGP 2022:

  • Juara Pembalap: Francesco Bagnaia (Ducati)
  • Juara Konstruktor: Ducati (Italia)
  • Juara Tim: Tim Lenovo Ducati (Italia)
  • Juara Rookie of the Year: Marco Bezzecchi (VR46 Ducati)

(adp/krs)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *