Begini Cara Mengecek Data Penerima STB Gratis : Okezone techno

Posted on

MENYUNTIKKAN Hingga Rabu, 2 November pukul 24.00 WIB, 14 kabupaten/kota di wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek) resmi menerapkan penghentian siaran TV analog atau Analog Shutdown (ASO).

Pemerintah melalui Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) mengatakan warga miskin dalam data Percepatan Penanggulangan Kemiskinan Ekstrem (P3KE) akan mendapatkan set-top box (STB) gratis.

Lalu bagaimana mekanisme verifikasi data penerima STB gratis? Begini kelanjutannya pada Sabtu (11/5/2022) dari Instagram resmi Kominfo:

Cara Memeriksa Penerima STB Gratis

– Buka halaman web

– Masukkan kode NIK dan Captcha Anda di kolom khusus dan klik “Cari”.

– Jika Anda terdaftar sebagai penerima bantuan, Anda dapat menghubungi Call Center 159 atau mengunjungi lokasi Posko Cepat untuk penanganan bantuan STB dengan membawa KTP dan KK asli Anda

– Apabila mengalami kendala dalam mengakses situs, masyarakat dapat langsung menghubungi Call Center 159.

Cara Memeriksa Penerima STB Gratis

Perlu dicatat bahwa STB sendiri merupakan komponen penting dalam migrasi dari televisi analog ke digital. Dengan STB, masyarakat dapat menonton siaran TV digital tanpa harus mengganti TV dengan yang baru.

STB atau lebih dikenal dengan istilah decoder bagi orang Indonesia adalah sebuah perangkat elektronik yang dapat mengubah sinyal digital dan kemudian mengolahnya menjadi gambar dan suara yang dapat dilihat di TV analog biasa.

Sebagai perangkat, STB juga mampu memberikan fungsionalitas tambahan seperti informasi bencana. Transmisinya juga bisa disesuaikan dengan usia penonton. Sehingga orang tua bisa mengatur apa yang bisa dilihat anak.

(hel)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *