Beragam Manfaat Laut Bagi Kehidupan Manusia dan Makhluk Lain : Okezone techno

Posted on

JAKARTA – Naikkan Bumi Kami membentuk 70 persen lautan dan telah lama membawa manfaat bagi manusia dan makhluk lain yang menghuni planet ini.

Selain itu, ternyata laut menawarkan segudang manfaat lain yang mungkin belum banyak diketahui orang, sehingga laut harus kita jaga agar bisa hidup di masa depan.

Lantas mengapa laut penting bagi kelangsungan hidup makhluk hidup? Diproduksi oleh saluran YouTube iNews Variety Show, Rabu (10/11/2022), berikut beberapa alasan mengapa manusia perlu menjaga lautan untuk masa depan.

1. Laut membantu kita bernafas

Manfaat laut dirasakan oleh organisme yang hidup di dalamnya. Salah satunya adalah fitoplankton. Organisme kecil ini bertanggung jawab atas setidaknya 50 persen oksigen di bumi.

Seperti tanaman yang tumbuh di darat, fitoplankton mengandung klorofil untuk menangkap sinar matahari untuk fotosintesis dan mengubahnya menjadi energi yang dibutuhkan. Oksigen dihasilkan dari fotosintesis.

Selain itu, plankton juga mengkonsumsi karbon dioksida, organisme ini mentransfer sekitar 10 gigaton karbon dari atmosfer ke lautan setiap hari.

2. Lautan membantu mengatur iklim

Lautan menyerap sejumlah besar panas yang dilepaskan oleh matahari. Menurut penelitian selama 50 tahun terakhir, lebih dari 90 persen pemanasan global disebabkan oleh lautan. Pemanasan ini cenderung terjadi di lautan dekat khatulistiwa.

Arus laut kemudian menyebarkan panas ke seluruh dunia. Ketika sebagian air laut menguap, air laut menjadi lebih padat dan lebih berat karena salinitasnya yang relatif lebih tinggi.

Hal ini menyebabkan pemanasan di bagian laut yang lebih dalam. Beberapa arus laut juga secara langsung bertanggung jawab atas perubahan iklim tertentu. Saat arus laut terganggu, bagian bumi yang seharusnya bersuhu normal menjadi ekstrem.

3. Laut menjadi habitat keanekaragaman hayati

Ikan dari laut telah menjadi makanan miliaran orang di seluruh dunia. Ikan menyumbang 16 persen dari semua protein hewani yang dikonsumsi di seluruh dunia. Laut bukan hanya sumber makanan, tetapi juga rumah bagi banyak kehidupan.

Mengingat banyaknya hewan yang hidup di sana, belum diketahui secara pasti berapa banyak makhluk yang ada di laut. Bahkan peneliti mengatakan kehidupan yang kita kenal sekarang di lautan hanya 9 persen. Pasalnya, permukaan laut di permukaan bumi mencapai kedalaman 11.000 meter.

4. Sumber rezeki manusia

Beberapa penelitian juga menyebutkan bahwa industri perkapalan masa depan diperkirakan akan mempekerjakan lebih dari 40 juta orang dari seluruh dunia pada tahun 2030. Proporsi terbesar dari pekerjaan ini berasal dari sektor perikanan, diikuti oleh sektor pariwisata.

Pada dasarnya, kesehatan ekonomi industri maritim terkait dengan kesehatan laut secara keseluruhan. Di negara berkembang, ekonomi kelautan harus menjadi sangat penting karena sebagian besar masyarakat di negara ini bergantung pada laut untuk mata pencaharian mereka.

Singkatnya, lautan memainkan peran yang sangat penting dalam mengatur curah hujan. Ini menampung 97 persen air planet ini dan menyerap CO2 dan membantu menjaga keseimbangan siklus karbon.

Laut juga telah menyediakan makanan dan pekerjaan bagi miliaran orang di seluruh dunia. Oleh karena itu, sudah sepantasnya kita berbalas untuk turut serta menjaga laut agar dapat bertahan untuk masa depan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *