Berapa Lama Manusia Bisa Bertahan Tanpa Tidur? : Okezone techno

Posted on

JAKARTAPria Kita pada dasarnya membutuhkan tidur, karena tanpa tidur kita sulit untuk melakukan aktivitas sehari-hari. Bayangkan apa yang terjadi jika kita tidak tidur selama berhari-hari dan berapa lama orang bisa bertahan tanpa tidur?

Suka saluran YouTube Bagaimana Anda Bisa? Dilaporkan pada Senin (24/10/2022), waktu terlama seseorang tanpa tidur adalah sekitar 11 hari. Randy Gardner, anak laki-laki dari Amerika Serikat, memegang rekor. Pada tahun 1963 ia berhasil memecahkan rekor.

Namun, faktanya rata-rata orang hanya bisa dua hingga tiga hari tanpa tidur. Tentu saja, tidur itu penting bagi tubuh kita, tapi apa efeknya jika manusia berhenti tidur?

Jelas, efek kurang tidur memiliki dampak signifikan pada kesehatan manusia secara keseluruhan. Ketika orang tidak tidur sepanjang hari, kekuatan otak mereka perlahan menurun, menyebabkan kantuk, kelelahan, dan konsentrasi yang buruk.

Kemudian dua hari tanpa tidur merusak beberapa fungsi tubuh, di mana metabolisme kita mengalami kesulitan mencerna glukosa dan sistem kekebalan tubuh berhenti bekerja. Semakin lama Anda tidak tidur, semakin banyak tekanan pada otak dan jantung Anda.

Selain itu, resistensi terhadap lama tidak aktif membuat lingkaran hitam terlihat di mata, otak mengalami halusinasi, dan membuat orang pikun karena sel-sel otak yang tidak berfungsi.

Namun, para ahli berpendapat bahwa terlalu banyak tidur juga dapat menyebabkan pusing di kepala.

Tidur lebih lama bisa menjadi pertanda bahwa orang sedang menderita depresi, namun jika dibiarkan bisa meningkatkan risiko obesitas, diabetes, dan serangan jantung.

Tidur harus sesuai dengan waktu, tidak boleh lebih atau kurang dari waktu yang seharusnya. Pada umumnya manusia membutuhkan 7-8 jam sehari untuk istirahat atau tidur.

Tubuh kita membutuhkan daya tahan yang cukup untuk meningkatkan, menjaga pola tidur sudah cukup. Dengan pola tidur yang baik dan teratur, fungsi tubuh kita kembali normal.

Jika mata Anda terasa lelah dan mengantuk, gunakan waktu ini untuk beristirahat.

(Amj)


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *