Cara Mengeluarkan Dahak untuk Melegakan Tenggorokan

Posted on

Saat seseorang batuk, gejala ini terkadang disertai dengan dahak atau dahak dari tenggorokan. Dahak yang tersangkut di tenggorokan tentu membuat tidak nyaman, sehingga dahak perlu dikeluarkan untuk melegakan tenggorokan.

Ketidaknyamanan yang ditimbulkan oleh adanya lendir di tenggorokan sebenarnya bisa mengganggu aktivitas sehari-hari. Ini karena lendir di tenggorokan bisa terasa gatal.

Bagi Anda yang mengalami hal ini, jangan khawatir karena kami akan memberi tahu Anda cara menghilangkan lendir. Yuk, simak penjelasannya di bawah ini!



lendir adalah

Yang dimaksud dengan dahak adalah jenis dahak yang dihasilkan oleh saluran pernapasan untuk melindungi dan membersihkan saluran pernapasan dari benda asing seperti asap rokok, debu, bakteri dan virus. Dalam keadaan tertentu, lendir yang dihasilkan meningkat, menyebabkan penumpukan lendir yang menyumbat tenggorokan.

Berdasarkan wawancara detikcom dengan Konsultan Spesialis Paru & Pernapasan Asma dan Penyakit Paru Obstruktif Kronik, dr. Budhi Antariksa, PhD, SpP(K), Kelebihan lendir harus dibuang dan tidak ditelan.

“Menelan lendir berbahaya jika mengandung virus atau bakteri yang resisten terhadap asam lambung, meskipun sebagian besar virus dan bakteri mati karena asam lambung, pH asam lambung rendah, sehingga mikroorganisme mati. Oleh karena itu, menelan dahak tidak dianjurkan, yang dianjurkan adalah membuang dahak di tempat yang aman,” kata dr Budhi Antariksa.

Jadi mengeluarkan lendir berarti menyingkirkan kuman atau agen infeksi lainnya. Sputum yang dibuang harus segera dibersihkan agar tidak menularkan ke orang lain.

dr Budhi Antariksa menambahkan, dahak tidak boleh dibuang atau dimuntahkan sembarangan. Karena lendir kemungkinan besar mengandung kuman atau virus, lendir yang dibuang sembarangan akan mengering dan kuman atau virus tersebut dapat menyebar ke udara dan menginfeksi orang lain yang menghirup kuman atau virus tersebut.

Penyebab dahak yang sulit dikeluarkan

Menyingkirkan lendir terkadang tidak semudah yang Anda pikirkan. Nyatanya, meski dia berusaha batuk sambil berdeham keras untuk mengeluarkan dahaknya, dahaknya tetap tidak mau keluar dan terasa seperti tersangkut di tenggorokan.

Berdasarkan pernyataan dr. Budhi Antariksa, kondisi ini disebabkan oleh dahak yang terlalu kental sehingga sangat sulit untuk mengeluarkan dahak.

Oleh karena itu, diperlukan pengencer lendir dan pelega tenggorokan untuk memudahkan pengeluaran lendir melalui mulut.

Cara menghilangkan lendir

Menurut pernyataan dr. Budhi Antariksa sebenarnya tubuh memiliki mekanisme alami untuk mengeluarkan dahak melalui proses batuk. Lendir ini didorong ke dalam saluran udara oleh rambut-rambut halus untuk dikeluarkan melalui mulut dengan batuk.

Selain itu, ada cara lain untuk lebih mudah mengeluarkan lendir yang terasa tertahan di saluran udara. Dirangkum dari detikhealth dan jurnal terbitan Universitas Muhammadiyah Semarang yang berjudul Pengaruh Teknik Batuk Efektif Terhadap Pengeluaran Sputum Untuk Penemuan Mycobacterium Tuberculosis (MTB) Pada Pasien TB Paru di Ruang Rajawali 6B RS Dr Kariadi Semarang, Berikut Beberapa Cara untuk mengeluarkan lendir.

1. Minum air hangat

Cara termudah untuk menghilangkan dahak dan meredakan sakit tenggorokan adalah dengan minum air hangat. Air hangat dapat melonggarkan lendir yang menghalangi saluran udara.

2. Berkumur dengan air garam

Garam dikenal sebagai antiseptik alami yang efektif menghilangkan kuman, termasuk kuman di tenggorokan. Air garam juga dapat membantu mengencerkan lendir sehingga lebih mudah dikeluarkan.

Untuk melakukan ini, cukup campurkan sedikit garam ke dalam segelas air. Kemudian aduk dan kumur dengan larutan tersebut selama sekitar satu menit.

3. Gunakan uap hangat

Cara menghilangkan dahak selanjutnya adalah dengan menghirup uap hangat. Anda dapat melakukannya dengan menggunakan pelembab udara, mandi air hangat, atau bernapas dengan handuk yang Anda peras setelah berendam di air hangat. Metode ini dapat membantu membersihkan saluran udara.

4. Sayang

Madu dikenal karena banyak manfaatnya karena sifat anti-inflamasi dan antibakterinya. Mengkonsumsi madu merupakan cara menghilangkan dahak yang sangat efektif.

5. Gunakan minyak kayu putih

Minyak kayu putih juga dapat digunakan untuk menghilangkan minyak yang membandel di tenggorokan. Anda juga bisa menghirup uap dari diffuser yang ditaburi minyak esensial kayu putih. Cara ini dapat membantu mengencerkan lendir dan meredakan kemacetan jalan napas.

6. Penggunaan obat pengencer lendir

Anda juga dapat mencoba menghilangkan dahak dengan meminum obat ekspektoran atau ekspektoran seperti: B. yang mengandung guaifenesin. Obat ini membantu mengencerkan lendir sehingga mudah keluar.

Setelah melakukan cara-cara di atas, sebaiknya Anda juga lebih banyak beristirahat, menghindari polusi udara, dan menjaga kebersihan udara di sekitar Anda. Jika cara-cara di atas tidak berhasil dan Anda mengalami ketidaknyamanan lainnya, sebaiknya segera konsultasikan ke dokter untuk penanganan yang tepat.

Demikian penjelasan tentang cara mengeluarkan dahak, lengkap dengan pengertian dan alasan mengapa dahak sulit dikeluarkan. Anda bisa menggunakan cara di atas untuk mengatasi masalah lendir yang membandel di saluran pernapasan.

Tonton video”Sensasi makan rasa Pisaan Euy, Dapur Kraton Cimahi
[Gambas:Video 20detik]
(kq/fds)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *