Daftar 4 Penemuan Misterius di Antartika, Salah Satunya Meteorit : Okezone techno

Posted on

JAKARTA – Daratan Daerah Kutub Selatan Memang sangat misterius dan diyakini masih ada beberapa rahasia yang belum terungkap. Bahkan, banyak orang bertanya-tanya apa yang ada di Antartika.

Namun, sejauh ini, ada beberapa penemuan mengejutkan. Penemuan ini mungkin terungkap karena adanya tim ekspedisi khusus untuk mengetahui lebih jauh tentang benua tak berpenghuni ini.

Dari kanal YouTube iNews Variety Show pada Sabtu (3/12/2022), berikut beberapa penemuan paling misterius yang ditemukan di Antartika.

1. Fosil telur raksasa

Sebelum tahun 2011, peneliti menemukan telur raksasa di pesisir perairan Antartika. Fosil telur tersebut berukuran panjang 29 sentimeter dan lebar 20 sentimeter serta memiliki struktur cangkang lunak.

Berdasarkan temuan tersebut, para ilmuwan meyakini telur tersebut adalah telur makhluk laut purba bernama Mosasaurus. Mosasaurus sendiri merupakan makhluk laut purba yang panjangnya mencapai 6 meter.

Para ilmuwan menduga bahwa telur ini merupakan telur yang tidak sempat menetas pada masa kepunahan berabad-abad yang lalu. Mungkin beberapa hewan ini masih ada sampai sekarang.

2. Meteorit

Setahun setelah penemuan fosil es, sekelompok ilmuwan dari Jepang dan Belgia menemukan asteroid seukuran bola golf di tumpukan es.

Batu luar angkasa itu diyakini sebagai meteorit yang terawetkan secara alami jutaan tahun lalu. Uniknya, batuan luar angkasa ini kaya akan asam amino, bahkan yang lebih menakjubkan lagi, para ilmuwan mengatakan batuan ini lebih tua dari tata surya kita.

Hal ini didasarkan pada adanya senyawa mineral silika, yang persis sama dengan yang ditemukan pada bintang-bintang tua sebelum Matahari terbentuk.

3. Lubang terdalam

Karena banyaknya salju di Antartika, para ilmuwan penasaran dengan ketebalan lapisan es Antartika. Karena itu, para ilmuwan akhirnya mencoba mengebor sebuah lubang di tanah yang penuh es.

Para ilmuwan mengebor tanah sedalam mungkin menggunakan air bertekanan tinggi dengan suhu hingga 90 derajat Celcius. Pengeboran berlangsung hingga 3 hari dan para ilmuwan berhasil membuat lubang dengan kedalaman 2.152 meter.

Ternyata kedalaman ini masih belum bisa mencapai dasarnya. Oleh karena itu, mereka mencoba mengambil lapisan es pada kedalaman ini untuk tujuan penelitian guna mengetahui di masa depan bagaimana mereka dapat mencegah es di Antartika mencair sepenuhnya.

4. Piramida

Dunia dikejutkan dengan kemunculan piramida di Antartika. Bahkan, hal tersebut melahirkan berbagai konspirasi mulai dari keberadaan makhluk luar angkasa dan laboratorium militer di lokasi ini.

Para peneliti pun tak tinggal diam karena hebohnya, mengungkap bahwa piramida sebenarnya adalah pegunungan yang terbentuk akibat erosi selama ratusan juta tahun.

Awalnya, gunung itu lebih tinggi dari sekarang, tetapi karena erosi, tingginya hanya 1.265 meter. Selain itu, para peneliti menemukan fosil yang melimpah di sekitar pegunungan, fosil yang ditemukan adalah fosil antropoda laut berumur 500 juta tahun.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *