Daftar 5 Objek Paling Aneh di Alam Semesta : Okezone techno

Posted on

JAKARTA – Benda-benda aneh di semesta memang menarik untuk dibahas. Alam semesta atau universe adalah ruang yang memiliki permukaan tak terbatas di mana berbagai benda berada.

Tidak hanya bintang, matahari dan planet, ternyata di alam semesta terdapat benda-benda aneh yang tidak diketahui asal usulnya.

Jadi apa saja benda-benda paling aneh di alam semesta? Untuk mengetahuinya, baca ulasan di bawah ini, yang dirangkum dari berbagai sumber.

1. Haumea Bercincin

Mengorbit di belakang Neptunus di Sabuk Kuiper, planet kecil Haumea memiliki bentuk lonjong yang aneh dengan dua bulan, dan berputar dalam sehari hanya selama 4 jam. Hal ini menjadikan planet ini sebagai objek yang berputar paling cepat di tata surya.

Namun, pada tahun 2017, Haumea tampak lebih aneh ketika para astronom menyaksikannya lewat di depan sebuah bintang dan diorbit oleh cincin yang sangat tipis. Cincin itu kemungkinan merupakan hasil tabrakan jauh di masa lalu.

2. Bulan memiliki bulan

Tidak ada yang tahu alam semesta, peristiwa yang terjadi di alam semesta bukanlah peristiwa yang dapat direncanakan oleh manusia. Salah satunya adalah keberadaan bulan yang mengorbit bulan.

Bulan ini dikenal sebagai submoon, moonitos, grandmoon, moonettes dan moooons. Perhitungan terbaru menunjukkan bahwa tidak ada yang tidak mungkin tentang pembentukan bulan yang memiliki bulan.

3. Galaksi yang tidak memiliki materi gelap

Materi gelap adalah zat yang tidak diketahui yang membentuk 85 persen dari semua materi di alam semesta. Para peneliti percaya bahwa materi gelap ada di mana-mana.

Namun, dibantah bahwa pada Maret 2018 ada galaksi yang hampir tidak mengandung materi gelap. Itu membuat para peneliti berpikir, meskipun secara paradoks hasilnya memberikan kepercayaan pada teori alternatif bahwa materi gelap tidak ada sama sekali.

4. Bintang paling aneh di alam semesta

Tabetha Boyajian, seorang astronom di Louisiana State University, dan rekan-rekannya bingung ketika mereka pertama kali melihat bintang yang dikenal sebagai KIC 846285.

Dijuluki Tabby Star, bintang tersebut diketahui mengalami penurunan kecerahan pada interval yang tidak menentu dan selama periode waktu yang tidak biasa, terkadang hingga 22 persen.

Berbagai teori telah dikemukakan, tetapi saat ini sebagian besar peneliti percaya bahwa bintang tersebut dikelilingi oleh cincin debu yang tidak wajar yang menyebabkan peredupan.

5. Sinyal radio misterius

Sejak 2007, para peneliti telah mengetahui bahwa sinyal radio ultra-kuat dan ultra-terang dapat ditangkap beberapa kali dalam beberapa milidetik. Kilatan aneh ini dikenal sebagai Fast Radio Bursts (FRB).

Ternyata, belum lama berselang para ilmuwan dapat berulang kali menangkap FRB yang melintasi enam kali berturut-turut. Sinyal kedua yang terlihat dapat membantu para peneliti memecahkan misteri ini.

Ini adalah benda-benda paling aneh di alam semesta yang tidak banyak orang ketahui. Mungkin berguna.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *