Deretan Makhluk Mitologi yang Berasal dari Alquran, dari Burak hingga Al Jassasah : Okezone techno

Posted on

JAKARTA – Satu set makhluk mitologi ternyata ada yang berasal dari alquran. Meskipun keberadaan mereka tidak jelas, mereka termasuk dalam kitab suci dan hadits umat Islam.

Makhluk mitos mana yang berasal dari Alquran? Berikut rangkumannya seperti dirangkum Okezone dari kanal YouTube Islami Populer, Jumat (12/2/2022).

1. Burak

Makhluk mitos pertama adalah Burak. Anda yang mempelajari sejarah Islam pasti sudah tidak asing lagi dengan hewan yang satu ini. Menurut sejarah, Burak adalah hewan yang membawa Nabi Muhammad SAW dari Masjid Al-Aqsa ke Mi’raj pada saat peristiwa Isra Mi’raj.

Burak berarti cahaya atau kilat. Seperti namanya, hewan berbentuk kuda ini memiliki sayap. Salah satu hal yang menakjubkan adalah hewan ini dikenal dengan kecepatan kilatnya. Kecepatannya tidak bisa ditandingi bahkan dengan akal sehingga Burak adalah salah satu tanda kebesaran Allah SWT.

Kisah Burak ini juga tertulis dalam Al Quran Surah Al-Baqarah: 20 yang berbunyi:

يَكَادُ الْبَرْقُ َبْصَ كُ كُ َضَ َضَ َضَ َهُمْ مَّشَوْ وَ وَ َظْ َظْ عَ عَ عَ ۗوَ شَ شَ ا وَ ا ا ِنَّ ِنَّ ِنَّ ِنَّ ِنَّ ِنَّ عَ عَ كُ كُ كُ كُ شَيْءٍ

“Petir hampir menyambar penglihatannya. Setiap kali lampu kilat padam, mereka berjalan di bawah lampu. Dan ketika kegelapan menyelimuti mereka, mereka berhenti. Jika Tuhan menghendaki, Dia akan mengambil pendengaran dan penglihatan mereka dari segala sesuatu.”

2. Dabbat Al-Ard

Selain tercipta dari cahaya, ada pula makhluk mitologi yang muncul dari perut bumi bernama Dabbat Al Ard.

Dabbat Al Ard adalah binatang buas atau monster yang muncul dari perut bumi. Bintang ini merupakan salah satu tanda menjelang datangnya Hari Kiamat.

Makhluk mitologis ini akan datang dari kota Mekkah di dekat Gunung Safa. Makhluk ini berasal dari acara West Sunrise.

Makhluk ini akan berbicara dengan kata-kata yang fasih dan jelas. Dabbat Al Ard akan membawa tongkat Nabi Musa dan cincin Nabi Sulaiman.

Sifat-sifat makhluk tersebut disebutkan dalam riwayat Ibnu Zubair ra yang menjelaskan bintang ini secara detail.

“Kepalanya seperti kepala kerbau. Matanya seperti mata babi. Telinganya seperti telinga gajah. Tanduknya seperti rusa, lehernya seperti burung unta dan singa. Seekor domba jantan dan kakinya seperti kaki unta. Jarak antara dua sambungan adalah 12 ukuran garis lurus.”

Dabbat Al Ard memiliki bentuk fisik yang tidak biasa. Bentuknya merupakan kombinasi dari binatang yang biasa Anda lihat.

3.Burung Anqa

Dalam mitologi Islam, Anqa adalah burung besar yang misterius. Burung ini ditulis dalam buku karya Zakariya Al-Qazwini berjudul Makhluk Ajaib dan Benda Aneh Yang Ada.

Burung ini memiliki ciri ukuran yang sangat besar. Dengan cakarnya yang tajam ia bahkan bisa mengangkat seekor gajah.

Kisah burung Anqa ini juga diriwayatkan bahwa burung ini ada pada zaman Nabi Hanzalah. Burung ini hidup di gunung tinggi bernama Gunung Falaj.

Saat burung terbang, sayapnya dapat menutupi matahari. Bulunya beraneka warna dan lehernya seperti unta. Anqa memiliki empat sayap, dua panjang dan dua lebih pendek.

4. Burung ababil

Bagi umat muslim pasti sudah tidak asing lagi dengan burung Ababil. Burung ini merupakan salah satu hewan bersejarah dalam Islam yang mengiringi kelahiran Nabi Muhammad.

Burung ini mampu menghancurkan pasukan gajah yang hendak menyerang Ka’bah. Nama Ababil sendiri diabadikan dalam Alquran, Surat Al-Fil. Allah SWT berfirman:

dan kirimkan mereka seekor burung dari Babila

“Dan dia mengirimkan kepada mereka sekawanan burung” (QS. Al-Fil: 3).

Burung itu diciptakan Tuhan untuk memusnahkan pasukan gajah yang dikirim dari Yaman untuk memusnahkan gajah. Dari Surat Al-Fil, Allah memperingati Nabi Muhammad dan para pengikutnya dengan peristiwa yang menggambarkan kebesaran kekuasaan-Nya.

5. Biarawati ikan

Nunfish ini ada hubungannya dengan kisah nabi Yunus. Ikan mirip paus ini konon memangsa Nabi Yunus saat meninggalkan kaumnya saat melakukan kemaksiatan. Nabi Yunus memilih pergi dengan perahu, namun dalam perjalanannya nabi Yunus ditelan hidup-hidup oleh seekor ikan suster.

Namun berkat zikir yang diucapkan, ikan tersebut akhirnya memuntahkan isinya, sehingga Nabi Yunus keluar dari perutnya dalam keadaan hidup.

6. Al-Jassasah

Makhluk mitologi terakhir adalah Al Jassassah. Dalam sebuah hadis, Fatimah Binti Qais menceritakan dalam kisahnya sebuah kejadian ketika 30 orang terombang-ambing oleh gelombang selama sebulan dan kemudian terdampar di sebuah pulau di tengah laut.

Setelah itu, mereka bertemu dengan binatang berbulu lebat. Jadi, karena banyaknya bulu, mereka tidak bisa membedakan kepala dan ekornya. Makhluk itu diyakini sebagai penjaga Dajjal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *