First Drive Toyota bZ4X: Lebih Menarik Ketimbang Ioniq?

Posted on
jakarta

Setelah pertama kali hadir di ajang GIIAS 2022, Toyota Astra Motor (TAM) akhirnya resmi menjual mobil listrik Toyota bZ4X ke pasar.

Kali ini detikOto berkesempatan mencoba dan mengendarai untuk pertama kalinya yang juga dikenal dengan sebutan first drive Toyota bZ4X. Lihatlah laporan pengujian kami dan kesan berkendara dari mobil listrik ini!

Toyota bZ4XToyota bZ4X Foto: Zaky Fauzi Azhar/20 Detik

Besar tapi hidup!

Toyota bZ4X memiliki platform yang dirancang khusus untuk mobil listrik berbasis baterai, atau BEV. Ya! Toyota sengaja mendesain ulang platform kebanggaannya yang disebut Toyota New Global Architecture (TNGA) agar lebih cocok untuk mobil listrik.

Hasil? Luar biasa. Selain membuat kabin terasa luas dan mengundang, platform khusus ini juga membuat bZ4X menyenangkan untuk dikendarai. Belum lagi penempatan baterai di tengah tanah, yang menjaga titik bobot tetap terpusat.

Dengan jarak sumbu roda lebih dari 2,8 meter dan tinggi khas SUV ukuran sedang, bZ4X tetap lincah untuk bermanuver. Kami mengujinya untuk berbelok, bermanuver dengan kecepatan tinggi dan bahkan drifting yang tipis, tidak ada kesan menakutkan dari kontrolnya.

Body roll mobil ini terasa minim berkat pusat gravitasinya yang rendah. Karakter setirnya juga meyakinkan. Sayangnya, dengan diagram penggerak roda depan, bZ4X memiliki kendali yang terasa seperti understeer pada kondisi tertentu.

Toyota bZ4XToyota bZ4X dilengkapi dengan suspensi yang cukup empuk Foto: Zaky Fauzi Azhar/20 detik

Oh ya, bZ4X juga hadir dengan pengaturan suspensi yang cukup empuk dan jarak putar yang tinggi. Meskipun tes awal ini terbatas, setidaknya kita tahu bahwa karakter bZ4X yang sombong ini direncanakan untuk “serba” atau di tempat lain.

Snob dapat melindungi trotoar yang buruk hingga gundukan kecepatan yang ketat. Di sisi lain, mobil ini tidak merasakan getaran saat bermanuver atau redamannya terlalu lembut.

Jadi secara keseluruhan, menurut kami kontrol bZ4X terasa menarik. Tidak mengintimidasi meski memiliki bodi yang besar, namun tetap lincah meski ukurannya besar dan hadir dengan tampilan sok nyaman untuk digunakan kemana saja. Menurut pendapat kami, mobil seperti itu fleksibel untuk penggunaan sehari-hari hingga membawa Anda dalam perjalanan darat ke daerah yang tidak terduga.

[Halaman Berikutnya: Motor Listrik Bertenaga, Baterai Siap Dibawa Kemana Saja!]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *