Gejala Wasir dan Cara Mencegahnya Agar Tidak Kambuh Kembali

Posted on

Bisnis.com, JAKARTA – Setelah sembuh dari wasir, tak jarang penyakit yang melibatkan pembengkakan pembuluh darah di anus dan rektum bagian bawah ini kembali kambuh.

Salah satu jenis wasir yang bisa kambuh adalah wasir dalam yang bisa berkembang di rektum, dan wasir luar di bawah kulit sekitar anus.

Mengutip situs Mayoclinic, tiga dari empat orang dewasa menderita wasir atau ambeien dari waktu ke waktu.

Meskipun merupakan penyakit atau kondisi yang umum, pilihan pengobatan untuk kondisi ini juga sangat beragam, dapat dikelola dengan perawatan di rumah atau dengan perubahan gaya hidup.

Apa saja gejala wasir?

Gejala yang terjadi akibat wasir, tergantung jenis wasir yang diderita. Ada tiga jenis wasir, wasir eksternal, wasir internal dan wasir trombosit.

  1. Wasir luar: Gejalanya meliputi gatal atau iritasi di daerah anus, nyeri atau tidak nyaman, pembengkakan di sekitar anus, dan pendarahan di daerah yang terkena.
  2. Wasir internal: pendarahan tanpa rasa sakit saat buang air besar. Selain itu, wasir menembus saluran anus, menyebabkan rasa sakit dan iritasi.
  3. Wasir Trombosis: Ini terjadi ketika darah terkumpul di wasir eksternal dan membentuk gumpalan, atau trombus. Gejalanya meliputi nyeri hebat, pembengkakan, peradangan, dan benjolan keras di sekitar anus.

Bagaimana mencegah wasir datang kembali?

Wasir dapat dicegah agar tidak kambuh lagi dengan mengubah gaya hidup, aktif secara fisik dan menghindari penyebabnya.

Meski dalam beberapa kasus penyebab ambeien belum diketahui secara pasti, namun pihak Mayo Clinic menyebutkan ada beberapa penyebab ambeien, seperti:

  1. Mengejan kuat saat buang air besar
  2. Duduk di toilet untuk waktu yang lama
  3. Diare atau konstipasi kronis
  4. kegemukan
  5. Hamil
  6. melakukan seks anal
  7. Makan makanan rendah serat
  8. Angkat beban

Hal ini dapat menyebabkan pembuluh darah di sekitar anus meregang di bawah tekanan dan menonjol atau membengkak. Wasir dapat disebabkan oleh peningkatan tekanan di rektum bagian bawah.


Cek berita dan artikel lainnya di bawah Berita Google

Tonton video yang dipilih di bawah ini:


Konten Premium

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *