Hal Mengerikan yang Terjadi Jika Oksigen di Bumi Lenyap Selama 5 Detik? : Okezone techno

Posted on

JAKARTA – Mungkin menghilang oksigen 5 detik terlalu cepat bagi tubuh manusia untuk menyadari bahwa kita kekurangan oksigen. Namun, bayangkan apa jadinya jika oksigen di bumi kita menghilang selama 5 detik?

Ternyata 5 detik tanpa oksigen bisa banyak mengubah Bumi. Tentu saja, oksigen penting bagi orang-orang dan benda-benda di sekitar kita. Oleh karena itu, ketika oksigen menghilang, berdampak pada manusia serta lingkungan dan bahkan atmosfer.

Sesuai saluran YouTube Bagaimana Anda Bisa? seperti dilansir Jumat (11/4/2022), ada beberapa hal yang akan terjadi pada bumi kita saat oksigen menghilang. Lalu apa saja dampak atau dampak yang terjadi? Lihat di bawah.

1. Langit di seluruh dunia mulai gelap

Tanpa oksigen, langit menjadi gelap di siang hari. Sebelum cahaya dari matahari mencapai bumi, cahaya dipantulkan dari oksigen di atmosfer. Oksigen juga berfungsi untuk menyebarkan sinar matahari.

Hal ini membuat langit terlihat berwarna-warni, sehingga ketika tidak ada oksigen di atmosfer, partikel sinar matahari berkurang dan langit menjadi gelap seperti di luar angkasa.

2. Lapisan ozon menghilang, menyebabkan makhluk hidup terbakar

Jika semua atom oksigen menghilang, lapisan pelindung bumi, lapisan ozon, juga akan hilang. Lapisan ozon seluruhnya terdiri dari oksigen, yang bertindak sebagai lapisan yang menghalangi sebagian besar sinar matahari.

Sinar UV matahari tentu berbahaya jika dibiarkan terlalu lama pada kulit karena dapat menyebabkan reaksi kimia pada kulit. Ketika lapisan ozon menghilang, itu tidak lagi menjadi ancaman bagi kulit kita, tetapi dapat menyebabkan kulit terbakar.

3. Telinga manusia akan rusak

Ketika bumi kehilangan oksigen, tekanan udara, yang mengatur keseimbangan tubuh manusia, terpengaruh. Hal ini dapat menciptakan tekanan besar pada manusia, yang dapat mempersulit telinga untuk menyesuaikan diri, menyebabkan kerusakan pada bagian dalam telinga.

4. Mesin kendaraan mati total

Tanpa oksigen juga berpengaruh pada mesin kendaraan, dimana proses pembakaran tidak berjalan sehingga menyebabkan mesin mati atau mati. Itu rawan kecelakaan lalu lintas.

5. Bangunan runtuh seketika

Semua bangunan di bumi kita yang terbuat dari beton dapat hancur karena oksigen adalah faktor pengikat beton. Tanpa kehadiran oksigen, beton hanyalah debu, sehingga bangunan yang ada langsung runtuh atau meleleh ke tanah.

6. Semua air menguap menjadi gas

Sebagian besar kandungan bumi menghasilkan air, seperti air di rumah, bendungan, sungai, danau bahkan lautan juga akan hilang dan menguap menjadi gas.

7. Lapisan kerak inti bumi runtuh dan tenggelam

Bagian terluar bumi, tempat semua makhluk hidup hidup, yaitu kerak bumi, banyak mengandung oksigen. Jadi ketika oksigen menghilang, seluruh pesawat di Bumi hancur, meskipun untuk waktu yang singkat, sejajar dengan benda-benda di atas yang menarik ke tepi inti Bumi.

Inilah yang terjadi pada bumi kita ketika oksigen menghilang bahkan dalam waktu singkat selama 5 detik. Meskipun kemungkinan menipisnya oksigen di Bumi sangat kecil, kita tetap perlu menjaga Bumi kita menghasilkan oksigen yang cukup dengan menanam pohon di daerah sekitar kita.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *