Ingat piringan Observatorium Arecibo dua tahun setelah runtuh

Posted on

Pemandangan udara dari piringan radio yang hancur.

Hidangan yang hancur pada hari ia hancur.
gambar: Ricardo Arduino/AFP (foto Getty)

Itu terjadi dalam waktu kurang dari 10 detik, 2 tahun yang lalu hari ini: observatorium Arecibo setinggi 1.000 kaki piringan radio yang runtuh, Jarak dari salah satu sumber observasi radio paling terkenal di dunia.

Dia memiliki 57 tahun pelayanan di Puerto Rico utara Temukan teleskop radio Planet ekstrasurya baru, membuat peta radar dunia lain di tata surya kita, mengamati semburan radio cepat dan mendukung pencarian kehidupan cerdas di luar Bumi.

Baru-baru ini, data Arecibo NASA telah digunakan Misi DART yang berani (dan berhasil!), di mana sebuah pesawat ruang angkasa kecil bertabrakan dengan asteroid dan mengubah lintasannya. Data tersebut juga mendukung misi OSIRIS-REx, di mana sebuah pesawat ruang angkasa akan mengumpulkan sampel batuan dari asteroid yang jauh.

Dalam minggu-minggu menjelang keruntuhan 1 Desember 2020, kabel yang melekat pada platform observatorium seberat 900 ton di atas piringan putus. dramatis Video menunjukkan momen kegagalan kritis. Suara itu menangkap jeritan dan erangan dari bangunan besar itu saat meluncur di udara dan menabrak lempengan setinggi 450 kaki.

Penghancuran situs itu tidak terlalu mengejutkan. Dua minggu sebelum perpisahan Dua kabel pendukung dilepas di piring, merusak. Masih ada harapan bahwa Hulk akan stabil, tetapi ternyata berhasil mengumumkan yayasan sains bangsa Piring hancur. Tapi sebelum itu bisa terjadi, struktur itu runtuh.

“Saya masih sangat sedih dengan kehilangan Arecibo. Ini adalah fasilitas penelitian hebat yang membuat pulsar – dan banyak hal lainnya – dan pada dasarnya tidak tergantikan oleh para peneliti Amerika,” kata Scott Ransom, seorang astronom di National Radio Astronomy Observatory. Email ke pekerjaan Gizmodo Ransom melibatkan pengaturan waktu kilasan pulsar, atau sisa-sisa bintang yang berputar dengan cepat, untuk memahami fenomena skala besar seperti gelombang gravitasi. pencarian ini Termasuk data gelombang radio yang dikumpulkan oleh Arecibo.

Ransom menambahkan bahwa keruntuhan itu merupakan “kerugian yang bahkan lebih besar bagi pulau Puerto Rico.” “Ini adalah fasilitas kelas dunia tepat di halaman belakang mereka yang telah menginspirasi begitu banyak orang Puerto Rico sehingga mereka juga dapat melakukan penelitian ilmiah garis depan.”

Namun, pada bulan Oktober jalur baru dipetakan untuk fasilitas Arecibo. National Science Foundation mengatakan situs teleskop yang hancur sudah dekat Menjadi pusat pembelajaranPembukaan direncanakan pada tahun 2023. NSF sedang mengumpulkan proposal untuk pusat pendidikan tetapi belum mengumumkan rencana untuk membangun infrastruktur sains yang lebih aktif di lokasi tersebut.

Hidangan teleskop pada November 2021.

Hidangan teleskop pada bulan September 2021.
gambar: Thorton Tomasetti

“Di satu sisi, saya jelas percaya bahwa peluang pendidikan STEM tambahan hanya akan menjadi perkembangan positif, jadi saya mendukung inisiatif seperti ini,” kata Dom Pesci, astrofisikawan di Harvard Black Hole Initiative. Email ke Gizmodo. “Di sisi lain, fasilitas yang diusulkan bagi saya tampaknya merupakan pengganti yang buruk untuk apa yang hilang di Arecibo dan tidak banyak mengisi celah ilmiah yang ditinggalkan oleh hilangnya cakram besar itu.”

“Teleskop Arecibo telah menjadi ikon budaya dan inspirasi bagi banyak ilmuwan muda,” tambah Pesci. “Tanpa berinvestasi dalam infrastruktur akademik baru untuk menggantikannya – yang tampaknya dikesampingkan secara eksplisit oleh aplikasi NSF – saya hanya dapat membayangkan bahwa institusi pendidikan baru pasti akan menderita karena perbedaan nyata karena dapat mengatakan, ‘Datang dan lihat semua sains yang menakjubkan kita punya. ! vs. “Datang ke sini dan lihat semua sains keren yang biasa kami lakukan!”

Aplikasi NSF (yang bisa dibaca di sini) mengharapkan pendanaan sebesar $5 juta, dan proposal akan diterima hingga Februari 2023. Dokumen tersebut tidak menunjukkan dukungan keuangan untuk operasi ilmiah Arecibo lainnya, yaitu fasilitas lidar dan teleskop radio 36 kaki, yang masih sangat utuh. Tetapi komunitas astronomi radio telah merampas permata mahkotanya.

“Situs ini masih bagus untuk ilmu pengetahuan, jadi saya harap ini akan digunakan lagi suatu hari nanti,” tambah Ransom. Salah satu kemungkinannya adalah akan ada banyak hidangan ngVLAmenganggap itu akan dibangun.

Apa yang akan terjadi pada Arecibo – bahkan seperti apa pusat pendidikan yang direncanakan ini – masih belum jelas. Astronomi radio lebih buruk dengan kematian cakram yang tidak menguntungkan, meskipun data berusia puluhan tahun yang dikumpulkan di sana akan tetap menjadi sumber ilmu pengetahuan selama bertahun-tahun yang akan datang. Datang

Baca selengkapnya: Kemenangan Terbesar Observatorium Arecibo

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *