Inilah 8 Nama Planet di Tata Surya, Tidak Ada Pluto!

Posted on

TEMPO.CO, jakarta -Tata surya adalah kumpulan benda langit yang terdiri dari bintang, planet, dan benda-benda yang terikat oleh gravitasi. Namun, bagi Pluto yang telah lama menjadi bagian dari tata surya, tidak lagi termasuk dalam kategori planet.

Saat ini, hanya delapan planet yang berputar mengelilingi matahari, salah satunya adalah Bumi. Apa saja planet-planet dalam tata surya?

Pluto bukan lagi sebuah planet

Pluto adalah dunia yang membekukan miliaran kilometer dari Bumi dan 30 kali lebih ringan dari planet Merkurius. Pluto ditemukan pada tahun 1930.

Dikutip dari situs Persatuan Astronomi Internasional (IAU) menjelaskan bahwa sejak 30 Agustus 1992, pemandangan tata surya mulai berubah dengan ditemukannya objek yang tergolong Trans-Neptunian Objects (TNOs).

Baca Juga: Jupiter Paling Dekat dengan Bumi Setelah 59 Tahun

Dengan meningkatnya penemuan Objek Trans-Neptunus (TNO), suatu hari akan ditemukan objek yang akan menyaingi ukuran Pluto. Pengamatan lebih lanjut mengungkapkan bahwa ada objek yang lebih besar dari Pluto yang juga memiliki satelit dan terus bertambah. Oleh karena itu, banyak astronom yang bertanya-tanya apa itu planet.

Nama-nama planet dalam tata surya

Dari hasil resolusi IAU tanggal 24 Agustus 2006, didefinisikan planet yaitu benda angkasa yang mengorbit matahari dan mempunyai massa yang cukup besar sehingga tarikan gravitasi benda tersebut mengubah bentuknya menjadi hampir bulat. Dalam resolusi IAU, jumlah tata surya diformalkan menjadi delapan, terdiri dari Merkurius, Venus, Bumi, Mars, Jupiter, Saturnus, Uranus, dan Neptunus.

Namun pada tahun 2016, para peneliti menemukan sebuah planet yang disebut Planet Sembilan atau Planet X dan dikatakan memiliki massa 10 kali lebih besar dari Bumi dan lima ribu kali massa Pluto. Berikut 8 planet di tata surya yang diberi nama oleh IAU:

1. Merkurius

Merkurius adalah planet terkecil dan terpanas di tata surya. Planet yang memiliki jarak rata-rata 58 km dan diameter 4.850 km dari Matahari ini memiliki suhu yang sangat tinggi, sehingga Merkurius membutuhkan waktu 88 hari untuk berotasi dalam setahun. Karena kedekatannya dengan matahari, logam tersebut akan menguap pada suhu planet ini. Planet ini juga tidak bernyawa karena tidak memiliki satelit, atmosfer, awan, hujan, angin, atau airnya sendiri.

2. Venus

Venus adalah planet terdekat kedua dengan matahari, hampir seukuran Bumi. Namun, tidak ada kehidupan di planet ini karena mengandung karbon dioksida, sehingga mustahil untuk bernafas di sana. Di planet ini, Matahari tidak pernah terlihat dari permukaan Venus yang jaraknya sekitar 108.208.930 km. Di Venus ada perbedaan cahaya antara siang dan malam. Satu hari di Venus sama dengan 243 hari di Bumi, dan awan asam sulfat yang mematikan terbentuk di Venus.

3. Bumi

Bumi adalah planet ketiga di tata surya yang memiliki kehidupan. Dibutuhkan planet yang kita tinggali selama 365 hari 5 jam 48 menit 47 detik untuk mengorbit matahari satu kali. Bumi merupakan satu-satunya planet di tata surya yang dihuni oleh makhluk hidup mulai dari manusia, tumbuhan, dan hewan. Dengan suhu yang pas, penghuninya tidak terlalu panas dan tidak terlalu dingin. Bumi juga memiliki atmosfer yang menyediakan udara untuk bernafas dan melindungi dari dampak meteorit.

Mars adalah planet merah keempat karena…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *