Inilah Bahaya Mencabut Bulu Hidung dengan Sembarangan

Posted on

TEMPO.CO, jakartabulu hidung yang terlalu lama untuk sampai ke permukaan sebenarnya bisa mengganggu Anda. Beberapa orang akan menarik kembali untuk menyingkirkannya. Namun, apakah boleh mencabut bulu hidung?

Mulai dari garis kesehatanBulu hidung mencegah debu, alergen, dan partikel kecil memasuki hidung paru-paru. Jadi dengan menghilangkan bulu hidung dimungkinkan untuk membuat Anda lebih sensitif terhadap berbagai jenis kotoran.

Selain itu, mencabut bulu hidung dapat menyebabkan iritasi, infeksi, dan bahkan komplikasi. Komplikasi berikut dapat terjadi saat Anda mencabut bulu hidung:

1, Rambut hidung tumbuh ke dalam

Ini adalah komplikasi paling umum yang terjadi saat Anda mencabut bulu hidung. Gejala yang paling umum dari rambut hidung yang tumbuh ke dalam adalah pembentukan benjolan seperti jerawat, nyeri, dan gatal. Kondisi ini biasanya akan hilang dengan sendirinya, namun jika sudah kronis, akan lebih baik untuk memeriksakan diri ke dokter.

2. Vertibulitis hidung

Ada risiko cedera saat mencabut bulu hidung. Kemudian ketika luka itu terinfeksi oleh bakteri stafilokokus, akan terjadi infeksi staph yang menyebabkan vestibulum hidung menonjol dari wajah. Gejala yang paling umum adalah kemerahan di dalam dan di luar hidung, benjolan seperti jerawat, pembentukan kerak, dan nyeri.

3. Furunkulosis tersembunyi

Ini adalah infeksi pada folikel rambut hidung dan paling sering terjadi pada orang dengan sistem kekebalan tubuh yang lemah. Infeksi furuculosis ini biasanya menyebabkan nyeri, kemerahan, dan bengkak. Namun dalam beberapa kasus, infeksi ini juga dapat menyebabkan komplikasi serius karena virus menyebar ke pembuluh darah yang menuju ke otak. Komplikasi yang dapat timbul antara lain:

  • Trombosis sinus kavernosus adalah pembentukan bekuan darah di bagian otak tepat di belakang mata.
  • Selulitis adalah infeksi bakteri yang dapat mempengaruhi kulit dan jaringan di bawahnya.
  • Meningitis bakterialis akut adalah peradangan pada jaringan yang menutupi otak dan sumsum tulang belakang.

Itu dia bahaya mencabut bulu hidung jika dilakukan sembarangan.

Fani Ramadhan

Baca juga: Menarik bulu hidung yang sering dapat menyebabkan benjolan yang menyakitkan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *