Jet Tempur Sukhoi Hantam Apartemen, Ini Kata Rusia soal Penyebabnya

Posted on
Moskow

Pihak berwenang Rusia telah mengungkapkan dugaan penyebab insiden tersebut ketika sebuah jet tempur Sukhoi Su-34 menabrak sebuah bangunan perumahan di Yeysk, dekat perbatasan Ukraina. Sedikitnya 13 orang, termasuk tiga anak-anak, tewas dalam insiden fatal tersebut.

Sebagaimana dilaporkan AFPPada Selasa (18 Oktober 2022), penyelidik Rusia menginterogasi pilot jet tempur yang berhasil melompat dan melarikan diri dengan parasut sebelum jet tempur itu menabrak gedung apartemen sembilan lantai di Yeisk pada Senin (17 Oktober). malam waktu setempat untuk menyalakan api.

Sekitar 19 orang lainnya terluka, empat di antaranya dikatakan dalam kondisi kritis. Dua dari korban yang sakit kritis dilaporkan seorang gadis berusia 5 tahun dan seorang remaja.

Komisi investigasi Rusia, yang meluncurkan penyelidikan atas insiden tersebut, menyebut “kerusakan teknis” sebagai penyebab yang dicurigai.

Komisi Penyelidikan Rusia mengatakan telah meluncurkan penyelidikan kriminal atas dugaan pelanggaran peraturan penerbangan terkait dengan insiden tersebut. Komisi investigasi Rusia juga telah menyita “sampel bahan bakar di lapangan terbang lepas landas” dan “rekaman penerbangan di lokasi kecelakaan.”

Kementerian Pertahanan Rusia mengatakan jet tempur itu menabrak blok flat dengan sekitar 600 orang selama penerbangan pelatihan.

“Pilot yang berhasil melontarkan diri dan staf bandara sedang diinterogasi,” kata penyelidik Komisi Penyelidikan Rusia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *