Kata Gvardiol Usai ‘Diobok-obok’ Messi

jakarta

Bek Kroasia Josko Gvardiol mengaku gagal melindungi Lionel Messi dengan baik di semifinal Piala Dunia 2022 dan dia juga belajar dari kesalahan itu.

“Tidak ada pemain yang tidak pernah melakukan kesalahan, terutama bek. Kesalahan adalah bagian mendasar dari olahraga dan akan ada lebih banyak lagi di masa depan. Saya akan berusaha untuk tidak sering melakukannya,” kata Gvardiol, dikutip dari Football Espana.

“Saya pernah bermain melawan Messi sebelumnya, tapi dia sangat berbeda ketika dia bermain untuk klub dan ketika dia bermain untuk tim nasional,” terang pemain RB Leipzig tersebut.

Lihat kumpulan informasi Piala Dunia 2022 di sini!

Dalam pertandingan yang berakhir 3-0 untuk Argentina itu, Gvardiol “disumpal” setidaknya dua kali, menghasilkan gol pertama dan ketiga untuk Albiceleste. Dalam perjalanan gol pertama ia terpancing untuk merapat ke Messi di lini tengah.

Sayangnya, itu menyisakan ruang untuk dimanfaatkan Julian Alvarez. Setelah mendapat umpan terobosan dari Enzo Fernandez, ia berlari bebas ke area penalti sebelum terjatuh setelah mencetak gol ke gawang Dominik Livakovic.

Argentina pun mendapat penalti atas insiden ini, yang dikonversi oleh Messi. Sementara itu, dia berduel dengan Messi pada gol ketiga dan mengawalnya dari pinggir lapangan, namun Messi berhasil mengelak dan mengoper ke kotak Kroasia.

Dari situ, Messi dengan cekatan menjatuhkan umpan kepada Alvarez yang berdiri bebas untuk memasukkan bola ke gawang. Harapan Kroasia untuk mencapai final sirna.

Gvardiol sebenarnya tampil cukup baik di Piala Dunia 2022 dan menjadi bagian penting dalam perjalanan Kroasia menuju semifinal. Di usianya yang menginjak 20 tahun, kali ini ia berpeluang menyabet gelar pemain muda terbaik turnamen tersebut.

Kini Gvardiol berpeluang menuntaskan kiprahnya di Piala Dunia 2022 dengan berusaha memenangkan laga perebutan tempat ketiga melawan Maroko besok, Sabtu (17/12).

(adp/af)