Mengapa Pesawat Bisa Terbang? Padahal Ada Gravitasi yang Bikin Benda Jatuh : Okezone techno

Posted on

JAKARTA – Rupanya semua barang di sana Bumi jatuh ke permukaan karena gravitasi. Jadi apa yang membuat pesawat besar terbang di udara?

Suka saluran YouTube Bagaimana Bisa? Dilaporkan Kamis (20/10/2022), pesawat yang bisa terbang lebih dulu adalah karya dua bersaudara, Wilbur dan Orville Wright.

Dibandingkan dengan baling-baling, paraglider, pesawat kertas atau benda terbang lainnya, pesawat logam ini adalah benda yang sangat berat.

Ambil contoh Boeing 777-300 ER, sebuah pesawat komersial jumbo yang beratnya sekitar 150 ton.

Menurut penelitian, pesawat terbang bisa terbang karena ada gaya yang bekerja, yaitu gaya dorong, yang mendorong pesawat ke depan.

Kemudian gaya drag diarahkan pada bagian belakang pesawat, gaya apung untuk mengangkatnya ke atas, serta gaya gravitasi dan berat benda yang mengarah ke bawah.

Selain itu, pesawat dapat terbang jika memiliki gaya dorong yang lebih besar dari gaya hambat dan gaya angkat yang lebih besar dari gravitasi dengan berat benda. Keduanya harus milik pesawat.

Pesawat dapat berfungsi karena mesin jet bergerak maju dengan kecepatan tinggi, sehingga tekanan udara yang dihasilkan dapat membuat pesawat terbang melalui sayapnya.

Udara yang mengalir ini menciptakan gaya dorong yang jauh lebih besar daripada gaya hambat. Dorongan yang dihasilkan oleh mesin membentuk gaya aerodinamis pada sayap pesawat, yang merupakan hukum Bernoulli.

Bentuk sayap pesawat harus sedikit melengkung untuk memungkinkan bagian bawah pesawat mendapat gaya yang lebih besar daripada bagian atas.

Selain itu, mesin pesawat juga memiliki fungsi menghisap udara dan mendorongnya ke belakang.

Semakin cepat pesawat bergerak ke atas, semakin besar perbedaan tekanan udara di sayap. Dengan demikian, gaya angkat yang dihasilkan pesawat semakin besar.

Sebuah pesawat terbang dapat terbang dengan baik karena menyeimbangkan semua gaya yang bekerja di sekitarnya. Dengan memanipulasi The Force, pesawat dapat mengontrol kecepatan, ketinggian, dan pergerakannya.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *