Mengemuka Telepon Ferdy Sambo ke Tim CCTV Km 50 Usai Terbunuhnya Yosua

Posted on
jakarta

Mantan Kadiv Propam Polri Ferdy Sambo sempat memanggil salah satu tim CCTV dalam kasus Km 50 setelah Brigadir Yosua Hutabarat meninggal dunia di rumah dinasnya. Kasus Km 50 sendiri terkait dengan tewasnya enam anggota Laskar FPI di Tol Jakarta-Cikampek pada tahun 2020.

Anggota tim CCTV Km 50 adalah AKBP Ari Cahya alias Acay yang merupakan Kepala Unit 1 Subbag 3 Direktorat Reserse Kriminal Umum Bareskrim Polri. Acay kemudian tiba di rumah dinas Ferdy Sambo di Komplek Polres Duren Tiga, Jakarta Selatan, tempat Brigadir Yosua Hutabarat meninggal dunia pada 8 Juli 2022.

Hal itu diketahui pada Rabu (26 Oktober 2022) dalam persidangan atas terhalangnya penyidikan kasus pembunuhan Joshua dengan terdakwa AKP Irfan Widyanto di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan. Acay hadir sebagai saksi di persidangan.

Kisah 8 Juli

Pada 8 Juli, Acay mengaku dihubungi Ferdy Sambo pada pukul 17.30 WIB dan diminta datang ke rumah Ferdy Sambo.

“Ya, Pak Sambo menelepon. Saya berada di Kantor Polisi Kriminal saat itu. Dia menyuruhku datang sekitar pukul 17:30, ‘Cay, datang ke rumahku sekarang’. Saya jawab siap,” kata Acay di persidangan di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan.

Acay dan seorang polisi bernama AKP Irfan Widyanto datang. Pertama ke Kemang, lalu ke Duren Tiga. Di rumah ia melihat sambo merokok sendirian.

“Wajahnya merah, seperti dia kecewa. Setelah dia menghabiskan rokoknya, saya hanya berkata, ‘Tolong izinkan saya, Jenderal, saya Acay,’ kata Acay.

AKBP Ari Cahya alias Acay (pertama dari kanan/memegang microphone)-(Zunita-detikcom)AKBP Ari Cahya alias Acay (pertama dari kanan/memegang microphone) (Zunita/detikcom)

Tonton video Saat Ferdy Sambo merokok dengan wajah marah setelah Joshua meninggal:

[Gambas:Video 20detik]

Selanjutnya, Acay melihat tubuh Brigadir Joshua:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *