Mengenal Jerry Lawson, Insinyur Game yang Muncul di Google Doodle Hari Ini : Okezone techno

Posted on

JAKARTAGoogleDoodle Hari ini memperkenalkan Jerry Lawson, seorang insinyur elektronik Amerika yang terkenal karena memimpin grup yang mengembangkan kartrid video game komersial pertama dan menciptakan sistem video game Fairchild Channel F.

Melalui NDTV, Kamis (1/12/2022), Jerry Lawson adalah pelopor permainan modern kulit hitam pertama dan pemimpin tim yang mengembangkan sistem video game rumahan dengan kartrid permainan yang dapat dipertukarkan. Ia dikenal sebagai bapak kartrid video game.

Lahir pada tanggal 1 Desember 1940 di Brooklyn, New York, Gerald “Jerry” Lawson mulai mengutak-atik barang elektronik, memperbaiki televisi, dan membangun stasiun radionya sendiri dari suku cadang yang dibelinya di toko elektronik lokal sejak usia dini.

Dia melakukan ini sampai dia dewasa. Setelah lulus dari Queens College dan City College of New York, Lawson pindah ke California pada tahun 1970 untuk bekerja sebagai konsultan teknik aplikasi di Fairchild Semiconductor, kemudian berhenti pada tahun 1980 untuk memulai bisnisnya sendiri.

Perusahaannya, VideoSoft, menjadi salah satu perusahaan pengembangan video game milik orang kulit hitam paling awal. Perusahaan menciptakan perangkat lunak untuk Atari 2600 yang mempopulerkan kartrid yang dikembangkan Lawson dan timnya.

Meskipun toko mereka tutup lima tahun kemudian, Lawson telah memantapkan dirinya sebagai pelopor dalam industri ini dan terus berkonsultasi dengan berbagai perusahaan teknik dan video game selama sisa kariernya.

Pada tahun 2011, Asosiasi Pengembang Game Internasional mengakui Lawson sebagai pelopor industri atas kontribusinya pada game. Pencapaian Lawson diabadikan dalam World Video Game Hall of Fame di Rochester, New York.

(Amj)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *