Pak Gubernur, 1,2 Juta Anak di Aceh Harus Dapat Vaksin Polio dalam Sebulan

Posted on

ACEH, KOMPAS.com – Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin meminta Pj Gubernur Aceh Achmad Marzuki memastikan pelaksanaan Sub Pekan Imunisasi Nasional (PIN) Polio untuk 1,2 juta anak di Provinsi Aceh bisa selesai dalam waktu satu bulan.

“Gubernur, coba sebulan, itu (pelaksanaan vaksinasi polio) bisa selesai untuk yang di bawah 12 tahun. Ada 1,2 juta anak Aceh berusaha untuk dibersihkan (untuk mendapatkan semua vaksin polio),” katanya saat peluncuran Sub PIN Polio di Banda Aceh, Senin (5/12/2022).

Sub-PIN Polio dilakukan di Aceh setelah terdeteksi kasus polio tipe 2 kejadian luar biasa (KLB) di Mane, Kabupaten Pidie. Sejauh ini, sudah ada empat kasus polio di Aceh, yakni dr. RS Zainoel Abidin menerima perawatan medis.

Baca Juga: Kunjungi Aceh Pasca Wabah Polio, Menkes Luncurkan Pekan Imunisasi Nasional

Sebelumnya, Sub PIN tahap awal sudah dimulai di Pidie sejak 28 November 2022. Sejauh ini, 72.726 atau 79,49 persen dari 91.484 anak sasaran di Pidie telah mendapatkan vaksinasi polio.

“Khusus Pidie ada 91.000 (target), coba minggu ini bisa dihabisi, dalam tiga hari bisa selesai, jadi kita akan pindah ke 22 kabupaten/kota lainnya,” kata Budi.

Menteri Kesehatan Budi mengatakan penyebab munculnya kasus polio di Indonesia adalah vaksinasi yang tidak merata, terutama akibat pandemi Covid-19.

“Jadi ketika ditentukan penyebab (kemunculan polio) yang terjadi, imunisasi kita tidak konsisten, terutama karena pandemi COVID-19. Vaksinasi anak kami yang berusia di bawah 12 tahun tidak sempurna,” kata Budi Gunadi Sadikin.

Menteri kesehatan mengatakan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) telah mendeklarasikan dunia bebas polio pada tahun 2026. Padahal, Indonesia sudah bebas polio pada 2014 dan mengantongi sertifikat WHO.

Namun, dia mengatakan bahwa kasus polio saat ini muncul kembali di negara tersebut. Selain Indonesia, ada tiga negara lain yang kasus polionya kembali muncul setelah dinyatakan bebas polio oleh WHO, yaitu Amerika Serikat, Inggris Raya, dan Israel.

Baca Juga: Mulai 2023, vaksin polio bayi akan diberikan dua kali di seluruh provinsi

Plt Gubernur Aceh Achmad Marzuki mengatakan, Sub PIN Polio menyasar anak usia 0-12 tahun se-Tanah Rencong, dengan total target 1,2 juta anak. Tujuannya agar sub-PIN polio dapat tercapai 95 persen dari target pemerintah.

“Saya menghimbau seluruh daerah untuk serius mengimplementasikan polio sub PIN untuk mencapai kinerja 95 persen,” ujarnya.


dapatkan pembaruan Pesan yang Disarankan dan berita terkini setiap hari dari Kompas.com. Yuk gabung di grup Telegram “Kompas.com News Update” caranya klik link lalu gabung. Anda harus menginstal aplikasi Telegram terlebih dahulu di ponsel Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *