Populer Science: Penyebab Suara Gemuruh Petir hingga Robot Dalang Wayang Malaysia : Okezone techno

Posted on

JAKARTA – Ada artikel saluran Ilmu Okezone yang banyak dibaca oleh pengguna internet. Dan yang terpopuler minggu lalu, dari Penyebab Suara Gemuruh Hingga Robot Dalang Wayang Malaysia.

Penyebab Guruh Bergemuruh Menurut Sains seperti yang tertulis dalam Alqura

Berbagai fenomena alam yang terjadi masih banyak yang tidak dapat dijelaskan baik secara logika maupun dengan pendekatan ilmiah apapun.

Dirangkum dari About Islam, Senin (31/10/2022), seiring berkembangnya teknologi, fenomena alam kini secara bertahap dapat diungkap oleh para ilmuwan yang telah mempelajarinya sejak lama.

Lanjut membaca.

Indonesia akan mengalami fenomena siang lebih cepat besok

Indonesia akan mengalami fenomena dini hari besok, Kamis (11/3/2022). Secara umum, dampak tersebut menyebabkan waktu terbit, dhuha, dan subuh lebih awal dibandingkan hari-hari lainnya.

Peneliti Pusat Penelitian Antariksa BRIN Andi Pangerang menjelaskan, hal itu karena durasi malam hari secara umum semakin pendek dibandingkan durasi siang hari di belahan bumi selatan.

Baca selengkapnya.

Gerhana bulan total di Indonesia akan berlangsung pada 8 November, berikut detailnya

Gerhana bulan total adalah fenomena astronomi ketika seluruh permukaan bulan memasuki umbra bumi. Hal ini disebabkan konfigurasi antara bulan, bumi dan matahari membentuk garis lurus.

Juga, bulan berada di dekat puncak orbit bulan, yang merupakan persimpangan ekliptika (orbit Bumi mengelilingi matahari) dan orbit bulan.

Lanjut membaca.

Malaysia punya robot dalang yang bisa maen wayang

Dosen di Malaysia, Ahnaf Hakimi, membuat robot yang bisa memainkan wayang layaknya seorang dalang. Robot harus bisa menyelamatkan tradisi wayang kulit negeri jiran itu.

Diproses oleh Reuters, Selasa (1/11/2022), Ahnaf merakit Wayang Kulit animatroniknya di studionya di Bayan Lepas, Penang, Malaysia. Dia berharap untuk menyelamatkan tradisi wayang kulit kuno dengan menggunakan figur cetak 3D yang dikendalikan oleh robot daripada manusia.

Lanjut membaca.

(Amj)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *