PRSSNI Gandeng ROOV Bangkitkan Industri Radio Indonesia : Okezone techno

salah Salah satu upaya radio untuk bertahan di era media digital adalah dengan beralih ke platform digital seperti podcast, YouTube, Instagram, dan lain-lain. Inovasi digital memang suatu keharusan jika ingin aman.

Hal ini mendorong Persatuan Radio Penyiaran Swasta Nasional (PRSSNI) bermitra dengan platform digital Roov sebagai forum untuk mengobarkan semangat industri radio di Indonesia.

Sekjen PRSSNI M. Rafiq mengatakan distribusi digital mengubah semua tatanan dimana saat ini tidak lagi antara radio lokal yang bersaing tetapi pesaing luar seperti Joox, Sound Cloud dan lain-lain.

Surat Kehendak Radio ROOV

“Makanya kami rasa perlu mengalihkan siaran dari analog ke digital untuk menyapa,” saat penandatanganan kerjasama ROOV dengan PRSSNI di Gedung iNews Tower, Menteng, Jakarta Pusat, Jumat (21/10/2022).

Namun sebagai sebuah bisnis, radio tetap membutuhkan pengiklan untuk menjalankan bisnis yang sudah ada, terutama bagi anggota PRSSNI yang tersebar di berbagai wilayah di Indonesia.

Pergeseran dari radio analog ke platform digital akan membuat pelaporan lebih mudah bagi pengiklan dengan memanfaatkan big data yang ada.

“Nah itu beda kalau kita streaming di radio analog. Ketika orang streaming, mereka harus mengunduh, berlangganan, yang kemudian menyediakan data yang dapat digunakan sebagai laporan bagi pengiklan,” kata Sekjen PRSNII.

Inilah salah satu poin yang disebutkan dalam langkah kerjasama antara PRSSNI dan ROOV sebagai wadah konten on-demand milik radio.

ROOV sendiri hadir sebagai platform berbasis konten audio di bawah naungan MNC Group, yang telah memamerkan berbagai konten audio yang menyumbang lebih dari 14 persen dari total trafik di RCTI+ dan berkomitmen untuk memperluas ekosistem konten audio lokal.

“Digitasi tentunya akan membantu para radio enthusiast untuk mengoptimalkan asetnya. Akan banyak peluang penjualan yang bisa dihadirkan teman-teman di radio, berbeda dari biasanya,” kata Leli Kamal, Chief Operating Officer ROOV, saat penandatanganan kerjasama dengan PRSSNI di Gedung iNews Tower.

“Karena streaming berarti akan ada aset baru yang bisa di-tweak dan lebih bisa dikustomisasi berdasarkan kebutuhan pelanggan,” lanjutnya.

ROOV yang juga merupakan aplikasi audio terlengkap ini telah berkolaborasi dengan berbagai pembuat konten audio. Seperti podcast, seri audio, buku audio dan radio. ROOV sudah menjadi platform dengan seri audio terbanyak yakni lebih dari 2.000 episode yang bisa disimak secara gratis.

“Kami juga akan banyak berkolaborasi dalam hal konten, sales marketing dan pelatihan bagi para radio enthusiast yang tergabung dalam PRSSNI tentang bagaimana mengoptimalkan aset mereka setelah berada di ROOV,” jelas Leli.

Sejalan dengan komitmen ROOV untuk memperluas ekosistem konten audio, Leli mengungkapkan bahwa pihaknya tidak hanya memperhatikan konten dan hal-hal teknis. Tapi itu juga harus tumbuh dari sudut pandang kewirausahaan.

“Kami juga yakin kerja sama di bawah payung MNC Group akan lebih besar dan komprehensif, tidak hanya dalam memperluas akses streaming radio,” kata Leli.

Persatuan Radio Penyiaran Swasta Nasional Indonesia (PRSSNI) adalah asosiasi penyiaran swasta terbesar dan tertua di Indonesia sejak tahun 1974 dan saat ini memiliki 583 stasiun radio anggota dari Aceh hingga Maluku dengan Erick Thohir sebagai Ketua Umum. Saat ini ada tiga puluh juta orang yang mendengarkan radio di Indonesia.