Rekomendasi 5 Aplikasi Chat Pengganti WhatsApp, dari Telegram hingga Signal : Okezone techno

Posted on

JAKARTA – Lima rekomendasi aplikasi Obrolan pengganti WhatsApp ini mungkin belum banyak diketahui orang, meski cukup menarik untuk dijadikan alternatif.

Tak sedikit dari mereka yang memiliki layanan yang bagus, tak kalah dengan WhatsApp, bahkan beberapa di antaranya memiliki fitur yang tidak dimiliki WhatsApp.

Lantas apa saja lima aplikasi chat pengganti WhatsApp? Berikut daftarnya seperti dilansir berbagai sumber, Sabtu (29/10/2022).

1. Telegram

Yang pertama adalah aplikasi chat asal Rusia, Telegram. Aplikasi ini tidak hanya gratis untuk digunakan, tetapi juga menggunakan enkripsi end-to-end, sehingga aman tanpa khawatir konten obrolan dibagikan dengan pihak lain.

Telegram dikatakan lebih aman dari WhatsApp karena juga menggunakan protokol MTProto. Dan yang menarik adalah Telegram memiliki kapasitas penyimpanan yang tidak terbatas dan kualitas media yang lebih baik dari WhatsApp.

GARIS ke-2

Berikutnya adalah aplikasi yang dikembangkan dari Jepang, LINE. Fitur yang ditawarkan berupa messaging, audio dan video call, emoji, dan stiker menawarkan banyak pilihan dan tema untuk menyesuaikan tampilan LINE.

Selain itu, pengguna LINE dapat berbagi aktivitasnya dengan pengguna LINE lainnya melalui fitur timeline LINE. LINE juga menawarkan penggunanya akses mudah ke daftar teman, ulang tahun, toko stiker dan berbagai layanan dan konten lainnya.

3. Facebook Messenger

Facebook Messenger juga memiliki layanan yang tidak kalah bagusnya dengan WhatsApp. Karena kedua aplikasi obrolan ini berada di bawah induk yang sama yaitu Meta, keduanya memiliki fitur yang serupa.

Facebook Messenger tidak jauh berbeda dengan WhatsApp. Anda tidak hanya dapat mengirim pesan teks, gambar, dan lainnya, tetapi Anda juga dapat melakukan panggilan suara atau video. Facebook Messenger juga memiliki beberapa fitur unik.

Diantaranya, pengguna tidak diharuskan memiliki nomor telepon untuk mengobrol, hanya perlu mengetahui nama akun Facebook. Di Facebook Messenger, pengguna juga dapat menonton video bersama sambil melakukan panggilan video.

4. WeChat

Meskipun tidak terlalu populer di Indonesia, WeChat menempati posisi teratas di China. Aplikasi obrolan ini menempati posisi teratas dengan kemampuannya mengirim teks, pesan suara, video, dan gambar secara gratis atau gratis.

WeChat juga mendukung obrolan multi-grup dan pengguna dapat menggunakannya untuk mengirim SMS, MMS, GIF, panggilan video, dll. Dan menariknya, WeChat juga menawarkan layanan pembayaran kartu kredit dan film.

5. Waspada

Aplikasi Signal tentu sudah tidak asing lagi, setelah dipopulerkan oleh Tesla dan CEO SpaceX, Elon Musk. Kelebihan dari aplikasi ini adalah fungsi messaging yang bisa hilang dengan sendirinya. Pengguna dapat mengatur batas waktu untuk membaca pesan sebelum hilang.

Pesan yang dipertukarkan di dalamnya juga menggunakan enkripsi ujung ke ujung. Kelebihan lainnya, selain kemampuan mengirim teks, suara, video, dan gambar, pengguna Signal tidak perlu membayar sepeser pun untuk menggunakannya.

Demikian pembahasan lima rekomendasi aplikasi chat pengganti whatsapp yang semoga bermanfaat.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *