Sains Buktikan Manfaat Daun Pegagan

Posted on

depok.suara.com – Daun pegagan sudah lama digunakan sebagai bahan pengobatan tradisional. Tanaman ini dipercaya ampuh mengatasi dan mencegah berbagai gangguan kesehatan.

Selain untuk kesehatan kulit, daun pegagan juga memiliki beberapa manfaat lain yang telah terbukti secara ilmiah.

Dilansir dari Healthline, Berikut Manfaat Ilmiah Daun Pegagan.

Daun pegagan dapat membantu penderita stroke

Baca juga:Penyihir Merah dan Jindan akan berkelahi di atas ring, siapa yang lebih kebal?

Sebuah studi tahun 2016 membandingkan efek ekstrak daun pegagan dan asam folat dalam meningkatkan fungsi kognitif setelah stroke.

Dalam penelitian kecil ini, efek pada tiga kelompok peserta diperiksa. Kelompok pertama mengonsumsi pegagan 1.000 mg per hari, kelompok kedua mengonsumsi pegagan 750 mg per hari, dan kelompok ketiga mengonsumsi asam folat 3 mg per hari.

Meskipun pegagan dan asam folat sama-sama bermanfaat dalam meningkatkan kognisi secara keseluruhan, daun pegagan lebih efektif dalam meningkatkan domain memori.

Daun pegagan dapat membantu mengobati penyakit Alzheimer

Pegagan memiliki kemampuan untuk meningkatkan daya ingat dan fungsi saraf, sehingga berpotensi dalam mengobati penyakit Alzheimer.

Baca juga:Tragis! Liverpool dipermalukan oleh tim juru kunci Nottingham Forest

Faktanya, sebuah studi tahun 2012 pada tikus menemukan bahwa ekstrak pegagan memiliki efek positif pada masalah perilaku pada tikus dengan penyakit Alzheimer.

Ekstrak daun pegagan juga memiliki efek sederhana dalam melindungi sel-sel otak dari toksisitas. Itu juga bisa melindungi sel dari penumpukan plak yang terkait dengan Alzheimer.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *