Serangan Phising di Indonesia Alami Peningkatan, Sentuh Angka 350 Ribu : Okezone techno

Posted on

JAKARTAserangan dunia maya Dilaporkan metode phishing mengalami peningkatan di Indonesia, bahkan mencapai 350.000 kasus.

Laporan tersebut menunjukkan bahwa kenyamanan digitalisasi keuangan masih dibayangi oleh risiko siber. Dan temuan terbaru dari Kaspersky menyebutkan serangan siber, khususnya phishing, terus meningkat.

Kaspersky mengungkapkan, pada semester pertama tahun ini, hingga 356.786 serangan phishing terkait keuangan (finance) terdeteksi dan diblokir oleh pengguna di Indonesia. Dari jumlah tersebut, sebanyak 166.857 insiden menyasar sistem pembayaran.

Toko online disebut-sebut sebagai bisnis yang menggiurkan bagi para penjahat siber. Sebanyak 169.326 upaya digagalkan oleh perusahaan keamanan siber global di Indonesia dari Januari hingga Juni 2022.

Kaspersky menilai hal ini menjadi perhatian tidak hanya bagi generasi muda tetapi juga bagi generasi tua mengingat tren belanja online di Indonesia yang semakin meningkat dalam hal transaksi konsumen.

Selain itu, terdapat hingga 20.603 pendeteksian upaya phishing terkait online banking secara nasional pada semester pertama tahun ini, seperti dikutip dalam siaran pers yang diterima, Jumat (28/10/2022).

“Pada paruh pertama tahun ini, pembatasan sosial di Asia Tenggara dibuka kembali, tetapi kebiasaan pandemi tampaknya tetap tidak berubah,” kata Yeo Siang Tiong, general manager untuk Asia Tenggara di Kaspersky.

“Meskipun kebebasan tatap muka telah kembali, kami tahu kami masih lebih suka melakukan transaksi perbankan, belanja, dan keuangan online karena kemudahan yang belum pernah terjadi sebelumnya,” tambahnya.

Yeo Siang Tiong juga menyarankan agar masyarakat mewaspadai ancaman yang menargetkan uang online. Menurutnya, masyarakat harus segera bertindak dan mengamankan smartphone sebagai berikut:

– Selalu waspada terhadap email yang mencurigakan. Jika terlihat terlalu bagus untuk menjadi kenyataan, periksa, periksa lagi, dan periksa tiga kali.

– Simpan dua alamat email saat menggunakan akun gratis. Salah satunya untuk penggunaan resmi dan yang lainnya untuk situs yang mengharuskan Anda masuk untuk membaca berita atau mengumpulkan informasi.

– Tidak semua ponsel cerdas aman, jadi berhati-hatilah dengan pesan yang mengarahkan Anda ke situs web. Ada berbagai perangkat lunak berbahaya yang dapat masuk ke daftar kontak dan aplikasi keuangan Anda.

– Gunakan solusi keamanan yang andal dengan anti-phishing dan fitur pembayaran yang aman seperti Kaspersky Total Security.

– Di atas segalanya, pertahanan terbaik melawan phishing adalah mendapatkan informasi dan membedakan email dan pesan lain yang diterima pengguna. Tidak ada salahnya untuk terlalu berhati-hati, terutama karena sebagian besar transaksi keuangan sekarang dilakukan secara online sebagai akibat dari digitalisasi.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *