Siapa Menteri yang Tak Ajak Jokowi Nyanyi-nyanyi?

Posted on

jakarta

Presiden Joko Widodo (Jokowi) berseloroh tak pernah diajak menyanyi, tapi selalu menjadi rujukan para menteri ketika menghadapi berbagai persoalan. Menteri mana yang dimaksud Jokowi?

Pernyataan tersebut disampaikan Jokowi saat mengakhiri sambutannya pada program “Outlook Perekonomian Indonesia 2023” yang ditayangkan di akun YouTube Sekretariat Presiden, Rabu (21/12/2022). Dalam kesempatan itu, Jokowi menekankan hilirisasi dan green energy akan menjadi kekuatan utama Indonesia.

“Dua hal tadi, nanti dan kemudian didukung dengan listrik hijau. Kesulitannya terletak pada implementasinya. Tapi sering bikin saya pusing,” kata Jokowi.

Barulah Jokowi menyebut dirinya tidak pernah diundang ke acara-acara seru. Dia berbicara di acara menyanyi kemarin, yang dia sendiri tidak undang.

“Kalau masalah, masalah, para menteri harus berhadapan dengan saya. Tapi hal-hal baik seperti menyanyi, makan, dan makan seperti kemarin tidak pernah mengundang saya,” kata Jokowi disambut gelak tawa peserta yang hadir.

Selasa (20/12), Jokowi melakukan kunjungan kerja ke Jawa Timur. Jokowi ke Nganjuk untuk meresmikan Bendungan Semantok.

Sementara itu, pada malam harinya, ada pengakuan keberhasilan presidensi G20 Indonesia yang disiarkan di akun YouTube Bisnis Indonesia. Acara tersebut dihadiri oleh Menteri Koordinator Perekonomian Airlangga Hartarto, Menteri Luar Negeri Retno LP Marsudi, Menteri Keuangan Sri Mulyani, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin, Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita dan Gubernur BI Perry Warjiyo.

Dalam sambutannya, Airlangga mengucapkan terima kasih kepada seluruh tamu yang hadir. Ia juga bersyukur KTT G20 telah menghasilkan sejumlah kesepakatan.

“Saya mengucapkan terima kasih kepada seluruh bapak ibu yang hadir dalam acara tersebut sebagai ucapan terima kasih dan penghargaan bahwa KTT G20 menghasilkan Deklarasi Bali dan juga mencapai dan menyusun konsensus prestasi kongkrit di tengah ketidakpastian situasi dunia,” kata Airlangga.

Tonton video “Jokowi: Terlalu banyak aset negara yang kita biarkan menganggur!”:

[Gambas:Video 20detik]

(kv/mobil)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *