Situasi Krisis, Nurul Arifin Ingatkan Kominfo Agar Pelaksanaan ASO Tak Persulit Masyarakat : Okezone techno

Posted on

JAKARTA – Anggota Komisi I DPR, Nurul Arifinmemperingatkan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) agar penerapan analog switch-off (ASO) tidak semakin mempersulit masyarakat.

“Masyarakat harus mendapatkan haknya. Kalau tidak siap, jangan terburu-buru, itu hanya akan mempersulit masyarakat,” kata Nurul, dikutip dari keterangan resminya, Sabtu (12/11/2022).

“Selain itu, situasinya sekarang sangat kritis. Kita (masyarakat) perlu melihat dalam situasi apa. Kami menyayangkan itu,” ujarnya.

Ia juga menyayangkan Kominfo tidak konsisten dalam mengimplementasikan ASO secara serentak di tingkat nasional karena baru di Jabodetabek sejak 2 November lalu.

“Seolah-olah Jabodetabek mewakili republik yang satu ini dan melegitimasi ASO. Jangan sampai pemerintah menahan badan dari kewajibannya menyediakan infrastruktur untuk transisi transmisi televisi ini,” katanya.

Sebelumnya, Kominfo mengatakan penghentian siaran TV analog merupakan amanat Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2020 tentang Penciptaan Lapangan Kerja.

Dalam keterangan resminya, Kominfo mengatakan ada dukungan STB dari Lembaga Penyiaran Swasta (LPS) untuk Rumah Tangga Sangat Miskin (RTM).

“Dukungan STB hanya untuk RTM yang nama dan alamatnya tercantum dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) Depsos,” kata Kominfo.

Kemudian Kominfo mengakui penerapan Analog Switch Off (ASO) di Jabodetabek dilakukan setelah hampir 100 persen RTM mendapat dukungan STB dari gadai LPS.

(Amj)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *