Syarat Agar Indonesia Bisa Turun Salju Menurut Sains, Apa Itu? : Okezone techno

Posted on

JAKARTAsalju adalah bentuk padat air yang membeku menjadi kristal yang jatuh ke bumi seperti hujan, menutupinya secara permanen. Ketika kita masih kecil, sebagian dari kita membayangkan jika akan turun salju dan bermain di atasnya.

Namun, apakah salju bisa turun di daerah tropis seperti Indonesia? Jawabannya tidak, tetapi dalam kondisi tertentu bisa saja turun salju di wilayah Indonesia. Ternyata, beberapa syarat harus dipenuhi agar salju turun.

Suka sama channel YouTube Kok bisa? Seperti diberitakan pada Senin (14/11/2022), Indonesia merupakan negara ekuator yang hanya memiliki dua musim, sehingga tidak akan turun salju di negara tropis ini. Salju dapat terbentuk ketika uap air di langit membeku dan membentuk kristal.

Hal ini bisa terjadi di tempat-tempat yang suhunya dingin dengan udara yang lembab. Indonesia memiliki kelembapan yang tinggi karena sinar matahari terus menguap, tetapi tidak cukup dingin untuk membentuk salju.

Salju membutuhkan suhu di bawah titik beku, yaitu 0 derajat Celcius, untuk membentuk kristal salju. Tentu saja, meski selalu hangat di negara tropis seperti Indonesia, tidak pernah sedingin itu.

Namun, faktanya Indonesia memiliki daerah bersalju. Daerah ini dibentuk sedemikian rupa sehingga suhunya jauh lebih rendah karena letaknya yang tinggi, yaitu di puncak Gunung Jayawijaya. Ternyata lapisan paling atas yang tertutup salju tersebut merupakan hasil pencairan gletser ribuan tahun yang lalu.

Indonesia mungkin tidak pernah turun salju, namun fenomena lain yang terjadi antara lain hujan es dan embun. Fenomena ini bahkan sudah beberapa kali terjadi di beberapa wilayah Indonesia.

Fenomena hujan es dan embun terjadi di wilayah Magelang, Surabaya, Bandung, Dieng, dan Banjarnegara. Biasanya ini terjadi saat pergantian musim. Hujan es terbentuk dengan membekukan air dalam bentuk cair dan kemudian memaparkannya ke udara pegunungan yang dingin hingga pecah menjadi kristal padat.

Tentu saja, jika Indonesia mengalami musim dingin, akan ada akibatnya. Akan terjadi kekacauan iklim dan musim yang nantinya akan mempengaruhi tanaman dan makhluk hidup.

(Amj)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *