Tahukah Anda, Ikan Mas Ternyata Bisa Lihat Sinar Ultraviolet dan Inframerah : Okezone techno

Posted on

JAKARTAikan mas merupakan hewan yang cukup terkenal, banyak orang memeliharanya untuk dimasukkan ke dalam akuarium, baik itu di rumah, sekolah maupun kantor.

Berdasarkan Clubscientific, Sabtu (29/10/2022), sebenarnya ada banyak hal yang perlu diketahui tentang ikan mas. Salah satunya bisa melihat sinar ultraviolet dan inframerah.

Hal ini tentunya menjadi kelebihan ikan mas yang tidak dimiliki manusia.

Sinar ultraviolet itu sendiri, yaitu pita spektrum elektromagnetik. Ini lebih pendek dari cahaya tampak tetapi lebih panjang dari sinar-X, itulah sebabnya manusia tidak dapat melihatnya. Sinar ultraviolet dipancarkan oleh matahari.

Kemudian sinar infra merah atau infrared light yang merupakan sejenis cahaya. Ombaknya lebih panjang dari yang bisa dilihat orang. Cahaya inframerah dihitung sebagai panas.

Sementara itu, ikan mas memiliki empat jenis sel kerucut di matanya. Sel kerucut ini sensitif terhadap warna merah, hijau, biru, dan ultraviolet.

Kerucut itu sendiri, yang memungkinkan manusia melihat warna. Mata manusia hanya memiliki tiga jenis sel kerucut, yang berarti tidak dapat melihat sinar ultraviolet.

Penglihatan yang ditingkatkan ini memungkinkan ikan mas untuk lebih memahami pemangsa dan mangsa melalui pantulan air.

Ada fakta menarik lainnya tentang ikan mas yang jarang diketahui.

1. Beratnya bisa mencapai 4,5 kg.

2. Ikan mas tertua yang tercatat berumur 43 tahun, namanya Tish.

3. Ikan mas tidak memiliki kelopak mata, yang berarti mereka tidur dengan mata terbuka.

4. Ketika ikan mas diperkenalkan ke Eropa pada tahun 1600-an, mereka menjadi hadiah tradisional bagi para suami untuk diberikan kepada istri mereka pada hari ulang tahun pertama mereka. Ketika mereka menjadi lebih tersedia, tren ini mereda.

Demikian pembahasan mengenai manfaat ikan mas yang tidak dimiliki manusia, berikut fakta menarik lainnya.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *