Tips Ampuh Atasi WiFi Lemot, Internetan Dijamin Langsung Lancar : Okezone techno

Posted on

JAKARTA – Cara mengatasi Akses Internet nirkabel Pelan-pelan bisa dilakukan dengan langkah yang berbeda. Koneksi WiFi yang lemah tentu menjadi masalah tersendiri. Karena saat ini kita sangat bergantung pada koneksi internet.

Koneksi WiFi yang lambat juga dapat memiliki berbagai penyebab. Selain karena jaringan provider sedang mengalami masalah atau sedang diperbaiki, penyebab lain juga bisa muncul.

Misalnya, terlalu banyak perangkat yang menggunakan jaringan WiFi Anda, posisi router terhalang oleh benda atau dinding, router terlalu jauh, dan sebagainya.

Lalu bagaimana cara mengatasi wifi lemot? Dirangkum dari berbagai sumber, berikut informasinya.

1. Atur frekuensi saluran router

Saluran router bisa menjadi penyebab WiFi lambat, itu terjadi karena saluran router Anda tumpang tindih dengan milik orang lain.

Setup dilakukan dengan masuk ke menu pengaturan saluran router sesuai dengan petunjuk di manual router nirkabel Anda. Anda dapat mengubahnya ke saluran 1, 6 atau 11.

2. Periksa sistem perangkat

Penyebab WiFi lambat juga bisa disebabkan oleh masalah pada sistem perangkat yang Anda gunakan, seperti: B. dengan pembaruan Windows yang berkelanjutan, banyak tab terbuka atau sinkronisasi data di laptop atau komputer Anda.

3. Batasi pengguna

WiFi yang lambat juga bisa disebabkan oleh banyaknya perangkat yang menggunakan WiFi Anda. Salah satu cara untuk mengatasinya adalah dengan membatasi pengguna agar jaringan tetap stabil.

4. Paket Peningkatan

Anda dapat melakukan upgrade paket WiFi jika merasa koneksi internet Anda lambat karena paket internet Anda sebelumnya tidak mendukung penggunaan sehari-hari.

Anda dapat mencari paket WiFi dengan kecepatan unduh dan unggah yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

5. Nyalakan ulang router

Restart router bisa menjadi cara alternatif mengatasi koneksi WiFi yang lemot. Yang harus Anda lakukan adalah mematikan router dengan menekan tombol power dan kemudian menunggu 10-20 detik sebelum menyalakannya kembali.

6. Periksa posisi antena router

Jika Anda menggunakan router dengan antena, pastikan antena tegak lurus dengannya. Namun, jika Anda menggunakan router dengan dua antena, Anda dapat memposisikannya secara vertikal dan yang lainnya menyamping.

7. Instal router di luar ruangan

Koneksi WiFi mungkin lambat karena Anda salah meletakkan router. Sebaiknya pasang router WiFi Anda di ruang terbuka dengan meminimalkan rintangan seperti dinding, lemari, dll.

Demikian informasi yang bisa Okezone bagikan tentang tips mengatasi WiFi lemot. Mungkin berguna.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *