Tips Jaga Kesehatan Mental dengan Detoks Media Sosial : Okezone techno

Posted on

JAKARTA -Ada tips untuk menjaga kewarasan dengan detoks dari media sosial, terutama jika Anda bangun di pagi hari terus-menerus memeriksa notifikasi terbaru atau sering memeriksa ponsel Anda.

Tidak dapat dipungkiri bahwa media sosial telah menjadi bagian besar dari kehidupan modern. Namun, menghabiskan berjam-jam di media sosial sering kali membuat Anda merasa cemas, lelah, atau tidak puas.

Berdasarkan keterangan resmi Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia (Kominfo), Jumat (28/10/2022), berikut beberapa hal sederhana yang bisa Anda lakukan untuk detoks digital.

1. Matikan notifikasi media sosial.

2. Beristirahatlah tanpa gimmick.

3. Unduh aplikasi hanya jika diperlukan.

4. Aktifkan notifikasi hanya untuk grup WhatsApp penting.

5. Berhenti berlangganan buletin email yang tidak terlalu penting.

6. Memperkaya informasi dengan membaca buku daripada menggulir media sosial.

Ingatlah bahwa waktu yang kita habiskan di ponsel atau komputer dapat mengubah persepsi kita tentang kenyataan.

Dengan membatasi atau mendetoksifikasi diri Anda dari efek media sosial, Anda akan menemukan diri Anda dengan pikiran yang lebih jernih dan energi baru untuk mengatasi hal-hal yang paling penting bagi Anda.

Karena pada kenyataannya, dengan lebih fokus pada apa yang ada di depan, Anda bisa hidup lebih mindful dan bebas dari kecemasan yang sering muncul ketika Anda merasa tidak pada tempatnya di media sosial.

Selain itu, ada alasan ilmiah untuk kebiasaan media sosial yang tidak sehat. Waktu yang kita habiskan untuk online mempengaruhi sistem dopamin di otak kita. Ini adalah sistem yang dirangsang ketika Anda memeriksa pesan baru atau mendengar suara notifikasi.

Rangsangan tak terduga ini memberi Anda kesenangan jangka pendek, membuat Anda ketagihan dan ingin terus memeriksa kembali sepanjang hari untuk melihat apa yang baru.

Bahkan selama detoks digital ini, Anda dapat mengisi waktu Anda dengan kegiatan yang lebih positif seperti membaca buku, berolahraga, berlibur, atau bersosialisasi dengan orang-orang di sekitar Anda untuk menyerap energi positif dari mereka yang pasti hadir di kehidupan nyata.

(Amj)


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *