Tips Lihat Password WiFi yang Terkunci Tanpa Bantuan Aplikasi : Okezone techno

Posted on

JAKARTA – Ada tips untuk melihat password Akses Internet nirkabel diblokir, bahkan tanpa bantuan aplikasi tambahan, mungkin tidak semua pengguna internet mengetahuinya.

Saat ini, akses WiFi dapat ditemukan di mana-mana, mulai dari rumah, toko, kantor hingga fasilitas umum lainnya. Namun, akses ini tidak mudah karena sebagian besar jaringan WiFi dilindungi dalam bentuk kode sandi atau kode sandi.

Hanya saja keamanan password sendiri menjadi kendala jika Anda lupa. Untuk mengetahuinya, ada cara mudah yang bisa dilakukan baik dengan bantuan aplikasi maupun tidak.

Jadi apa cara mudah untuk melihat kata sandi WiFi yang terkunci? Dirangkum dari berbagai sumber, untuk lebih jelasnya simak ulasan berikut ini.

Ada tiga tips sederhana untuk melihat password WiFi tanpa aplikasi, antara lain:

1. Gunakan konfigurasi alamat IP

Cara ini paling sering digunakan untuk melihat kata sandi WiFi yang tidak menggunakan aplikasi, dan juga cukup sederhana dan biasanya failsafe.

Selanjutnya, metode ini digunakan untuk melihat kata sandi jaringan menggunakan router modem, mis. B. indihome dan @wifi.id, jaringan. Untuk mengetahui caranya, ikuti langkah berikut:

– Pertama, nyalakan WiFi di ponsel atau laptop Anda.

– Setelah WiFi aktif, Anda bisa langsung melihat hotspot mana yang aktif di dekatnya.

– Yang paling mudah dan mudah ditemukan adalah @wifi.id, jadi ini alamat yang paling sering dibobol hacker.

– Jika Anda memilih @wifi.id, perangkat harus terhubung ke alamat ini terlebih dahulu.

– Biasanya, setelah terhubung, jendela pop-up akan muncul meminta Anda untuk memasukkan nama pengguna dan kata sandi, dan pada saat yang sama halaman untuk mengubah konfigurasi jaringan akan muncul.

– Anda dapat mulai mengoptimalkan alamat IP @wifi.id. Pada halaman ini dengan mengubah alamat IP, yang biasanya tertulis 192.168.1.1 menjadi 192.168.1.2.

– Jika ya, buka browser dan tulis http//:192.168.1.254 pada kolom alamat di atas.

– Saat keluar dari halaman login jangan bingung karena ini yang ditunggu-tunggu. Cukup masukkan username dan password Anda dengan memilih kata ADMIN atau USER.

– Ingat username dan password harus sama. Jika Anda memilih nama pengguna ADMIN, kata sandinya juga harus ADMIN. Dan jika memilih username USER, passwordnya juga harus USER.

– Setelah itu masuk ke bagian Setting dan cari WiFi untuk melihat username dan password.

– Nama pengguna dan kata sandi yang sebenarnya digunakan ditampilkan untuk masuk ke @wifi.id yang saat ini terhubung ke gadget dan menggunakannya dengan mudah.

2. Gunakan CMD (Command Prompt) di desktop atau laptop

Jika Anda ingin terhubung ke WiFi saat menggunakan desktop atau laptop. Ada cara untuk melihat password WiFi yang lebih mudah daripada menggunakan ponsel. Caranya adalah sebagai berikut:

– Aktifkan mode WiFi di laptop untuk memindai hotspot terdekat.

– Setelah itu, masuk ke halaman CMD (Command Prompt) dengan menekan tombol Windows + R dan ketikkan kata CMD.

– Kemudian ketik huruf besar dan huruf kecil dan tekan OK, maka akan muncul halaman CMD khusus dengan latar belakang hitam.

– Silakan, masukkan perintah dengan mengetik “netsh wlan show profiles” dan tekan Enter. Setelah itu akan muncul nama-nama jaringan WiFi yang telah terhubung ke laptop.

– Setelah itu ketik perintah netsh wlan show profiles name (network name) key=clear lagi.

– Data dari jaringan ditampilkan bersama dengan kata sandi. Kata sandi dapat ditemukan di ‘Konten Utama’.

– Tentu saja, setelah menyimpan, yang harus Anda lakukan adalah mencari koneksi dengan nama yang sama dan memasukkan kata sandi yang Anda ketahui sebelumnya.

3. Akses menu “Jaringan dan Internet”

Ada cara lain untuk melihat password WiFi di laptop, yaitu melalui menu Network and Internet yang terletak di Control Panel. Caranya adalah sebagai berikut:

– Klik menu Start atau klik kanan pada koneksi nirkabel berupa sinyal, yang biasanya ditampilkan di sudut kanan bawah layar dekat status baterai, untuk memunculkan menu “Open Network and Sharing Center” .

– Jika Anda membuka dari Control Panel, cari menu “Network and Internet”. Kemudian masuk ke menu “Network and Sharing Center” dimana anda akan mengetahui jaringan mana saja yang terhubung dengan laptop.

– Di jendela baru Anda dapat melihat menu “Kelola jaringan nirkabel” untuk mengetahui kata sandi WiFi yang terhubung ke laptop.

– Untuk mengetahuinya, cukup klik nama jaringan yang kata sandinya ingin Anda lihat.

– Setelah diklik, akan muncul tab baru dengan status koneksi WiFi yang digunakan. Klik tab Wireless Properties dan pilih tab Security di sebelah kanan.

– Ini akan menampilkan detail jaringan nirkabel seperti jenis keamanan, jenis enkripsi dan kunci keamanan jaringan.

– Disini kunci keamanan jaringan masih berupa titik-titik yang tidak terbaca, dan untuk melihat karakter aslinya perlu mengaktifkan “Show character” dan menampilkan password dari jaringan WiFi yang digunakan.

Trik diatas sebenarnya digunakan untuk mengetahui password WiFi yang telah terhubung ke laptop tanpa mengetahui terlebih dahulu password dari WiFi tersebut.

Biasanya alasan untuk mengetahui kata sandi dengan cara ini adalah untuk dapat menggunakannya lagi untuk menghubungkan perangkat lain yang ingin Anda nyalakan WiFi misalnya. B. ponsel atau tablet.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *