Tragedi Kanjuruhan: Komnas HAM temukan ‘pelanggaran pidana’ – ‘Harus ada pertanggungjawaban hukum terhadap meninggalnya 135 orang’

Posted on
tragedi Kanjuruhan

sumber gambar, ANTARA FOTO

keterangan,

Komnas HAM menyebut penggunaan gas air mata secara berlebihan menjadi penyebab tewasnya tragedi Kanjuruhan.

Komnas HAM telah mengklasifikasikan tragedi Kanjuruhan sebagai pelanggaran hak asasi manusia (HAM). Penggunaan “berlebihan” gas air mata adalah salah satu dari tujuh pelanggaran hak asasi manusia, katanya.

Komisioner Komnas HAM Choirul Anam mengatakan bahwa pelanggaran hak asasi manusia terjadi karena kepemimpinan “gagal menerapkan, menghormati, dan memastikan prinsip dan norma keselamatan dan perlindungan organisasi sepak bola”.

Komnas HAM menyimpulkan bahwa selain pelanggaran kode etik, ada “tindak pidana” yang terlibat dalam tragedi Kanjuruhan. Oleh karena itu, penting untuk melakukan penuntutan yang komprehensif.

“Harus ada tanggung jawab hukum atas kematian atau kematian 135 orang. Masyarakat tidak bisa hanya diminta mundur, membenahi organisasi dan sebagainya, harus dilakukan, tapi penegakan hukum itu penting,” kata Ketua Komnas HAM Ahmad Taufan Damanik saat konferensi pers, Rabu. . .

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *