Virus Zombie Berusia 50 Ribu Tahun Dihidupkan Kembali : Okezone techno

Posted on

JAKARTA – Sebanyak 13 varian virus Frost ditemukan di tujuh sampel permafrost Siberia yang berbeda. Untuk lebih mengenal virus ini, tim ilmuwan dari Pusat Penelitian Ilmiah Nasional Prancis menghidupkan kembali beberapa di antaranya.

Seperti dilansir Metro, Rabu (30/11/2022), penelitian menunjukkan bahwa varian virus tersebut berusia hampir 50.000 tahun. Ilmuwan bahkan berbicara tentang virus zombie.

Ahli mikrobiologi Jean-Marie Alempic mengungkapkan bahwa virus dapat tetap menular setelah lebih dari 48.500 tahun berada di permafrost yang dalam. Virus DNA besar ini dikatakan menginfeksi Acanthamoeba.

Ia juga mengatakan sebagian besar virus yang ditemukan dalam penelitian ini diyakini merupakan bagian dari keluarga virus Pandoraviridae, yang memiliki DNA beruntai ganda dan menginfeksi amuba.

Namun, analisis yang lebih mendalam masih diperlukan untuk mengungkap lebih banyak informasi tentang virus tersebut.

“Berapa lama virus ini dapat tetap menular setelah terpapar kondisi eksternal (sinar UV, oksigen, panas) dan seberapa besar kemungkinan mereka akan bertemu dan menginfeksi inang yang sesuai dalam periode ini tidak mungkin diprediksi,” kata studi tersebut.

Dengan gletser dunia yang mencair lebih cepat dari sebelumnya, hanya masalah waktu sebelum virus ini kembali ke dunia. Jadi mungkin bukan ide yang buruk untuk mendorong virus mempelajari lebih lanjut tentangnya.

(Amj)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *